Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Rencana Bisnis Yang Efektif Menurut Ahli

Cara Membuat Rencana Bisnis Yang Efektif Menurut Ahli - Rencana bisnis merupakan kebutuhan mutlak setiap calon pengusaha untuk memandu jalannya usaha kedepannya. Di sini kita bahas outline baku dari sebuah bisnis plan. Pastikan hanya memasukkan rencana bisnis yang benar-benar penting dan relevan.

Cara Membuat Rencana Bisnis Yang Efektif Menurut Ahli_
image source: prestashop.com
baca juga: Kesalahan Umum Dalam Membuat Perencanaan Bisnis

Berikut outline dari bisnis plan dan cara membuat nya.
  • Pembukaan
    Pembukaan pada plan / rencana bisnis. Jelaskan siapa yang menulis, kapan dan untuk tujuan apa.
  • Rangkuman
    Berikan kisi-kisi dari rencana / plan bisnis Anda.Tuliskan bagian ini terakhir setelah semua bagian dibuat.
  • Strategic Overview
    Tuliskan apa yang menjadi tujuan utama, dan kegiatan utama dari rencana bisnisnya. Apa tujuan cjuga kompetisi dibisnis ini.
  • Strategi Marketing dan Penjualan
    Bagaiaman Anda akan menjual produk ini? Bagaimana akan bersaing dengan pesaing dibidang yang sama? Berapa biaya marketingnya?dan sebagainya.
  • Teknologi
    Berikan segala hal yang berkaitan degan teknologi dan penelitian di usaha Anda.
  • Operasional
    Bagaimana operasional akan di handel, bagaimana menjalankannya, berapa biaya dan sumber daya yang dibutuhkan.
  • Proyeksi Keuangan
    Berikan tabel sederhana tentang proyeksi keuangannya.
  • Kebutuhan Pendanaan
    Berapa tambahan pendanaan yang di butuhkan.
  • Implemetasi
    Berikan timeline pengerjaan, dan aksi yang dibutuhkan agar rencana berjalan.
  • Kesimpulan
    Berikan alasan mengapa bisnis ini akan sukses, dan mengapa perlu didukung.

Strategi Menyusun Rencana Bisnis Yang Berkualitas

Rencana bisnis ibarat merupakan peta jalan bagi wirausahawan menuju pembangunan bisnis yang sukses dan menguntungkan. Setiap wirausahawan yang sudah membuka usaha atau akan meluncurkan suatu usaha, membutuhkan sebuah rencana bisnis yang dibuat dengan baik dan berdasarkan fakta untuk meningkatkan peluang keberhasilan usahanya.

Selama berpuluh-puluh tahun, penelitian telah membuktikan bahwa perusahaan yang melakukan perencanaan bisnis akan mengalahkan perusahaan yang tidak melakukannya. Menurut berbagai penelitihan juga menunjukan bahwa banyak perusahaan kecil kurang teliti dalam pendekatan mereka dalam menyusun dan mengembangkan rencana bisnis.

Bahkan, tidak sedikit wirausahawan yang tidak pernah meluangkan waktu untuk menyusun dan mengembangkan rencana bisnis bagi usahanya.Pada akhirnya, berdampak tingginya tingkat kegagalan yang dialami oleh perusahaan kecil akibat lemah dan kurangnnya perencanaan bisnis yang dijalankannya.

Apakah Rencana Bisnis itu?

Rencana bisnis adalah ringkasan tertulis mengenai rencana pendirian perusahaan atau menjalankan usaha yang berisi rincian gambaran kegiatan operasi dan rencana keuangan, peluang dan strategi pemasaran serta kemampuan pengelolaan.Rencana bisnis ini menguraikan arah dan tujuan perusahaan yang ingin capai, berserta strategi mencapainya sebagai peta jalan bagi wirausahawan menuju pembangunan bisnis yang sukses.

Rencana bisnis, merupakan bukti bahwa seorang wirausahawan telah melakukan penelitihan yang diperlukan, mempelajari peluang bisnis yang memadai, dan siap untuk menjalankan usahanya dengan sebuah model bisnis yang menguntungkan.

Apa Pentingnya Menyusun Rencana Bisnis?

Ada dua alasan utama yang sangat penting dan fundamental mengapa setiap wirausahawan harus menyusun rencana bisnis untuk usahanya.Pertama, sebagai panduan operasi usaha, kedua, menarik pemberi pinjaman dan investor.

1. Panduan Operasi Usaha
Rencana bisnis memberikan panduan wirausahawan dalam menjalankan operasi perusahaan, karena dengan menuliskan perencanaan yang dibuat untuk penetapan tujuan dan strategi pencapaiannya, tentu akan memudahkan wirausahawan melakukan evaluasi, pengembangan dan mengurangi resiko terjadinya kesalahan operasional yang berakibat fatal bagi perusahaannya.

Proses penyusunan rencana bisnis ini akan menjadikan wirausahawan berubah dari “SAYA PIKIR” menjadi “SAYA TAHU” dalam menjalankan usahanya.

Selain itu penyusunan rencana bisnis memaksa wirausahawan mengungkap gagasan mereka dalam uji kenyataan, dengan pertanyaan “ Dapatkah bisnis ini benar-benar menghasilkan laba?”.

2. Menarik Pemberi Pinjaman dan Investor
Setiap usaha pasti membutuhkan modal yang besarnya sesuai dengan bisnis yang akan dijalankan. Modal usaha bisa bersumber dari modal sendiri, modal pinjaman atau modal dari investor.

Mengajukan pinjaman dan menarik investor tanpa disertai rencana bisnis yang memadai, sering mengalami kegagalan. Dengan kata lain, cara terbaik untuk mengamankan pemenuhan kebutuhan modal usaha adalah dengan membuat rencana bisnis yang menarik dan memadai yang memungkinkan wirausahawan menyampaikan peluang potensial atas bisnis yang akan atau telah dijalankan kepada pemberi pinjaman dan investor.

Intinya, rencana bisnis yang memadai sangatlah diperlukan oleh setiap wirausahawan, baik sebagai peta menjalankan usaha maupun sarana mencari modal dalam membangun usaha yang sukses sesuai harapan.

Elemen-Elemen Pokok Rencana Bisnis yang Berkualitas

Para wirausahawan yang menginvestasikan waktu dan tenaga mereka untuk menyusun rencana bisnis, akan lebih siap menghadapi resiko dalam melakukan persaingan bisnis. Pada edisi sebelumnya kita telah membicarakan rencana bisnis sebagai peta jalan wirausahawan dan sarana mendapatkan modal dalam membangun bisnis yang sukses.

Meskipun menyusun rencana bisnis tidak menjamin 100 % kesuksesan, namun rencana ini akan meningkatkan peluang meraih kesuksesan bisnis bagi para wirausahawan. Ada banyak pendekatan dalam penyusunan rencana bisnis. Tetapi, sebuah rencana bisnis yang berkualitas sekurang-kurangnya mencantumkan delapan elemen pokok, yaitu :
  1. Ringkasan eksekutif.
  2. Gambaran umum usaha.
  3. Rencana pemasaran.
  4. Rencana produksi.
  5. Analisa persaingan.
  6. Rencana keuangan.
  7. Rencana sumber daya manusia.
  8. Resiko utama yang dihadapi.

1. RINGKASAN EKSEKUTIF
Elemen ini merupakan rangkuman secara singkat, seluruh isi rencana bisnis, baik menyangkut tujuan usaha, strategi usaha, uraian umum usaha, rencana pemasaran, rencana produksi, rencana keuangan, rencana sumberdaya manusia, dan resiko-resiko usaha di masa depan.

2. GAMBARAN UMUM USAHA
Elemen ini menjelaskan visi dan misi, usaha yang dijalankan beserta barang dan jasa yang dihasilkan, tujuan yang ingin dicapai, serta strategi pencapaiannya. Gambaran posisi perusahaan saat ini, dan yang akan datang, target pasar, keunggulan bersaing, lokasi usaha, menajemen inti, bentuk usaha, konsep manajemen yang dijalankan dan lain sebagainya

3. RENCANA PEMASARAN
Elemen ini menjelaskan pangsa pasar yang dipilih serta bauran pemasaran dan promosi yang dibuat perusahaan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen, anggaran penjualan, strategi harga, strategi distribusi yang diterapkan dan lain sebagainya.

4. ANALISA PERSAINGAN
Elemen ini menjelaskan kekuatan perusahan terhadap pesaing bisnisnya, kekuatan, dan kelemahan perusahaan pesaing.

5. RENCANA PRODUKSI
Elemen ini menjelaskan proses produksi, bagaimana perusahaan menjaga kualitas produk, bagaimana perusahaan memperoleh pasokan bahan baku, barang dan jasa, pertimbangan pemilihan lokasi pabrik, anggaran produksi dan sebagainya.Uraian ini sangat penting terutama untuk perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur.

6. RENCANA KEUANGAN
Elemen ini menjelaskan proyeksi keuangan yang menunjukan ekspektasi laba, proyeksi laporan keuangan, proyeksi arus kas, titik impas, kebutuhan modal, dan proyeksi pengembalian investasinya.

7. RENCANA SUMBER DAYA MANUSIA
Elemen ini menjelaskan personil yang dibutuhkan baik dari segi jumlah maupun pengetahuan, keahlian dan kemampuan yang dibutuhkan dalam menjalankan perusahaan.

8. RESIKO-RESIKO UTAMA YANG DIHADAPI
Elemen ini menjelaskan resiko yang dihadapi usaha di masa depan beserta antisipasi yang dilakukan perusahaan untuk menghadapi risiko tersebut. Rencana bisnis biasanya tersusun antara 25 - 50 halaman.Rencana bisnis yang terlalu pendek, seringkali tidak mampu memberikan gambaran bisnis yang memadai.Demikian juga yang terlalu panjang, memiliki kemungkinan tidak digunakan atau tidak dibaca.Dalam penyusunan rencana bisnis, wirausahawan harus memperhatikan elemen-elemen pokok rencana bisnis seperti yang telah disebutkan di atas sebagai titik awal untuk menyusunnya dan harus dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan berdasarkan kondisi yang ada.Sehingga rencana bisnis benar-benar dapat digunakan sebagai peta jalan menuju kesuksesan bisnis yang dibangunnya.

Tips & Trik

Beberapa tips dan Trik yang membantu anda dalam menyusun rencana bisnis:
  • Cari tempat yang sunyi dan tenang bagi anda dan tim sehingga pembicaraan rencana dapat berlangsung dengan bebas
  • Buat ringkasan secara jelas, timeline dan ditindaklanjuti.
  • Update rencana bisnis strategi Anda setiap tahun.
  • Proses perencanaan strategis membutuhkan perhatian yang lebih dan fokus pada proses perencanaan. Jauhkan hal-hal yang dapat mengganggu proses diskusi seperti telpon, internet dan hal lain yang mengganggu.
  • Cobalah untuk menyelesaikan proses perencanaan strategis dalam waktu tiga bulan, sehingga perencanaan tidak kehilangan momentum.
  • Membuat rencana bisnis, usaha kecil dan menengah, perencanaan usaha, usaha, rencana bisnis, perencanaan strategis, sumber daya, tujuan bisnis

Sekian artikel tentang Cara Membuat Rencana Bisnis Yang Efektif Menurut Ahli.

Daftar Pustaka
  1. Adrian J. Slywotzky dan Benson P. Shapiro, "Leveraging to Beat the Odds: The New Marketing Mind-Sets", Harvard Business Review, September-Oktober 1993, hal. 97-107.
  2. Buchari Alma. (2006) Kewirausahaan. Edisi kesepuluh. Bandung: Alfabeta
  3. Geoffrey G. Meredith dkk. (1996) Kewirausahaan, Teori dan Praktek. Edisi kelima. Jakarta: PT Pustaka Binaman Pressindo.
  4. Justin G. Longenecker dkk.(2001) Kewirausahaan Manajemen Usaha Kecil. Jakarta: PT. Salemba Emban Patria.
Nikita Dini
Nikita Dini Blogger, Internet Marketer, Web Designer

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Rencana Bisnis Yang Efektif Menurut Ahli"