Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Elemen Komunikasi dan Komponen-Komponen Jaringan

Elemen Komunikasi dan Komponen-Komponen Jaringan - Komunikasi dimulai dengan sebuah pesan atau informasi yang harus dikirim dari seseorang atau sebuah perangkat ke yang lain. Manusia bertukar ide menggunakan banyak metoda komunikasi yang berbeda. Semua jenis metoda komunikasi tersebut memiliki 3 elemen utama yaitu :

1. Sumber pesan atau pengirim
Sumber pesan bisa saja orang atau perangkat elektronik, yang ingin mengirimkan sebuah pesan ke orang lain atau perangkat lain.

2. Tujuan atau penerima pesan
Tujuan menerima pesan dan menterjemahkan pesan tersebut.

3. Kanal
Kanal terdiri dari media yang menyediakan jalur dimana pesan dapat berjalan dari sumber ke tujuan.

Elemen Komunikasi dan Komponen-Komponen Jaringan_
image source: www.fens.org
baca juga: Elemen Jaringan dan Tahapan Pengiriman Pesan Jaringan

Komunikasi dapat menggunakan kata-kata, gambar atau suara. Setiap pesan dapat dikirim melalui sebuah jaringan data atau informasi dengan terlebih dahulu merubahnya menjadi digit digit biner atau bit. Bit-bit in dikodekan menjadi sebuah sinyal yang dapat ditransmisikan melalu medium yang tepat. Dalam jaringan komputer, media ini biasanya berjenis kabel atau wireless.

Ilustrasinya adalah seperti Gambar berikut.

Elemen Komunikasi dan Komponen-Komponen Jaringan 1_

Elemen Komunikasi dan Komponen-Komponen Jaringan 2_

Elemen Komunikasi dan Komponen-Komponen Jaringan 3_

Elemen Komunikasi dan Komponen-Komponen Jaringan 4_

Elemen Komunikasi dan Komponen-Komponen Jaringan 5_

Segmentasi

Suatu komunikasi tunggal seperti musik, video atau sebuah email, dapat dikirim melewati sebuah jaringan dari sumber ke tujuan sebagai sebuah bit stream kontinyu dalam ukuran besar. Jika pesan-pesan ditransmisikan dalam ukuran besar ini, maka tidak ada perangkat lain yang mampu mengirim dan menerima pesan pada jaringan yang sama pada saat data ini sedang ditransfer. Stream data dengan ukuran besar ini akan menghasilkan delay. Jika sebuah link pada jarngan bermasalah selama transmisi, maka keseluruhan pesan akan hlang dan harus dilakukan transmisi ulang secara keseluruhan.

Untuk mengatasi masalah tersebut, maka data dibagi menjadi ukuran yang lebih kecil, sehingga potongan data lebih mudah ditangani pada saat pengiriman dalam jaringan. Pembagian data stream menjadi bagian bagian yang lebih kecil disebut dengan segmentasi.

Elemen Komunikasi dan Komponen-Komponen Jaringan 6_

Segmentasi pesan memiliki 2 keuntungan utama yaitu:

1. Dengan pengiriman bagian yang lebih kecil secara individu dari sumber ke tujuan, maka banyak pesan yang berbeda dapat disisipkan dalam jaringan. Proses yang digunakan untuk tujuan ini adalah multiplexing.

Ilustrasi Tanpa Multiplexing

Elemen Komunikasi dan Komponen-Komponen Jaringan 7_

Ilustrasi dengan Multiplexing

Elemen Komunikasi dan Komponen-Komponen Jaringan 8_

2. Segmentasi dapat meningkatkan kemampuan komunikasi jaringan. Bagian-bagian terpisah dari setiap pesan tidak harus ditransmisikan pada jalur yang sama dalam jaringan dari sumber ke tujuan. Jika sebuah jalur padat dengan trafik data atau gagal, maka bagian-bagian pesan tersebut dapat tetap dikirimkan ke tujuan menggunakan jalur alternatif. Jika bagian dari pesan gagal sampai ke tujuan, hanya bagian yang bermasalah harus dikirim ulang.

Akibat dari penggunaan segmentasi dan multiplexing untuk mengirimkan pesan melalui jaringan meningkatkan kompleksitas dari proses. Dalam komunikasi jaringan, setiap segmen dari pesan harus melalui proses yang sama untuk menjamin bahwa pesan tersebut sampai ke tujuan yang benar dan dapat digabungkan kembali menjadi pesan asli.

Metoda yang digunakan adalah pemberian label atau labelling. Labelling ini berfungsi untuk pengurutan dan perakitan kembali bagian bagian pesan pada saat sampai ditujuan.

Elemen Komunikasi dan Komponen-Komponen Jaringan 9_

Komponen Jaringan

Jalur dimana pesan ditempatkan dari sumber ke tujuan dapat berupa kabel tunggal sederhana yang dihubungkan dari satu komputer ke komputer lain atau lebih kompleks sebagai sebuah jaringan luas.
Perangkat perangkat dan medium merupakan elemen elemen fisik atau hardware dari sebuah jaringan. Hardware merupakan komponen terlihat seperti laptop, PC, switch atau kabel yang digunakan untuk menghubungkan perangkat-perangkat. Selain komponen nyata atau terlihat, ada beberapa komponen yang tidak terlihat, seperti media wireless, pesan yang ditransmisikan melalui udara menggunakan frekuensi radio atau gelombang infra red.

Elemen Komunikasi dan Komponen-Komponen Jaringan 10_

Elemen Komunikasi dan Komponen-Komponen Jaringan 11_

Layanan dan proses merupakan program-program dalam komunikasi yang disebut dengan software, berjalan pada perangkat jaringan. Sebuah layanan jaringan menyediakan informasi dalam memberikan respon terhadap sebuah request. Contoh layanan adalah e-mail hosting, web hosting dll. Proses proses menyediakan fungsi-fungsi yang mengarahkan dan menggerakkan pesan melalui jaringan.

Elemen Komunikasi dan Komponen-Komponen Jaringan 14_

End Device

Perangkat jaringan yang lebih dikenal oleh user adalah end device. Perangkat ini merupakan interface antara human network dan user communication net. Beberapa contoh dari end device adalah :
  • Computers (work stations, laptops, file servers, web servers)
  • Network printers
  • VoIP phones
  • Security cameras
  • Mobile handheld devices (such as wireless barcode scanners, PDAs)

End device disebut juga sebagai host. Sebuah host device bisa merupakan sumber atau tujuan dari sebuah pesan yang ditransmisikan melalui jaringan. Untuk membedakan satu host dengan yang lain, maka setap host pada jaringan diberikan address. Pada saat sebuah host memulai komunikasi, maka host tersebut menggunakan alamat tujuan untuk menentukan dimana pesan harus dikirim.

Sebuah host dapat bertindak sebagai client, sebagai server atau keduanya. Server merupakan host yang menyediakan informasi dan layanan seperti e-mail / web pages, ke host yang lain pada jaringan. Sedangkan Clients merupakan hosts yang meminta dan menampilkan informasi dari server.

Sekian artikel tentang Elemen Komunikasi dan Komponen-Komponen Jaringan.

DAFTAR PUSTAKA
  1. Stallings, W. Data and Computer Communications (8th edition), Prentice Hall, Upper Saddle River NJ, chapter 1
  2. CCNA exploration 4.0 Network Fundamental
Nikita Dini
Nikita Dini Blogger, Internet Marketer, Web Designer

Posting Komentar untuk "Elemen Komunikasi dan Komponen-Komponen Jaringan"