Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Komunikasi dan Transmisi Data Jaringan Komputer

Memahami Komunikasi dan Transmisi Data Jaringan Komputer - Halo sobat! kali ini modulmakalah akan membahas artikel tentang model komunikasi sederhana, mode komunikasi dan mode transmisi. Melalui artikel ini diharapkan sobat dapat memahami, elemen-elemen dari komunikasi, memahami perbedaan antara mode komunikasi dan mode transmisi.

Istilah-istilah yang berkaitan dengan komunikasi data: 
  1. Komunikasi adalah suatu cara untuk menyampaikan atau menyebarluaskan data dan informasi.
  2. Informasi mempunyai arti data yang mempunyai makna.
  3. Data adalah sebuah gambaran dari kenyataan, konsep atau instruksi dalam bentuk formal yang sesuai untuk komunikasi, interpretasi atau proses oleh manusia atau oleh peralatan otomatis
  4. Komunikasi data merupakan cara mengirimkan data menggunakan sistem transmisi elektronik dari satu computer ke komputer lain atau dari satu komputer ke terminal lain

Memahami Komunikasi dan Transmisi Data Jaringan Komputer_
image source: www.bbc.co.uk
baca juga: Bahaya Dan Pencegahan Keamanan Data Di Jaringan

Model Komunikasi

Tujuan dasar dari sistem komunikasi adalah menjalankan pertukaran data antara dua pihak. Gambar 1a memperlihatkan diagram blok dari model komunikasi sederhana, sedangkan Gambar 1b, menampilkan contoh dari komunikasi anatara sebuah workstation dan server yang dihubungkan dengan jaringan telepon umum. Berikut adalah elemen – elemen dari model komunikasi.

1. Source
Merupakan suatu alat yang menghasilkan data untuk ditransmisikan. Contoh pesawat telepon dan PC.

2. Transmitter
Berfungsi untuk mengkonversi data yang akan dikirim menjadi bentuk yang sesuai dengan media transmisi yang digunakan, misalnya bentuk pulsa listrik, gelombang elektromagnetik, PCM(Pulse Code Modulation), dan sebagainya. Sebagai contoh, sebuah modem bertugas untuk menyalurkan suatu digital bit stream dari suatu alat yang sudah dipersiapkan, misalnya PC dan mentransformasikan aliran bit tersebut sebagai sinyal analog yang dapat melintasi jaringan telepon.

3. Transmission System
Pembawa data. Sistem transmisi merupakan jalur transmisi tunggal atau jaringan transmisi kompleks yang menghubungkan sistem sumber dengan sistem tujuan. Sistem transmisi ini dapat berupa kabel, gelombang elektromagnetik, dll.

4. Receiver
Mengkonversi sinyal yang diterima menjadi data. Contohnya, modem yang berfungsi sebagai pesawat penerima akan menerima sinyal analog yang datang dari jaringan atau jalur transmisi dan mengubahnya menjadi aliran bit digital agar dapat diterjemahkan oleh komputer.

5. Destination
Menerima data yang datang

Memahami Komunikasi dan Transmisi Data Jaringan Komputer 1_
Gambar 1. Model Komunikasi Sederhana

Jaringan Komputer

Komunikasi yang paling sederhana adalah komunikasi data terjadi antara 2 perangkat yang terhubung langsung dengan beberapa medium transmisi secara point to point, transmisi point to point ini tidak praktis karena beberapa hal berikut:
  1. Perangkat-perangkat yang saat ini terpisah terlalu jauh.
  2. Ada serangkaian perangkat, dimana masing-masingnya memerlukan link ke yang lain pada waktu yang berbeda beda.

Untuk mengatasi masalah yang timbul dari point to point adalah menempatkan masing-masing perangkat ke sebuah jaringan komunikasi seperti pada Gambar 2 berikut.

Memahami Komunikasi dan Transmisi Data Jaringan Komputer 2_
Gambar 2. Jaringan Komunikasi

Mode Komunikasi

Dalam telekomunikasi dan jaringan komputer, dikenal istilah kanal komunikasi. Kanal komunikasi ini mengacu kepada media transmisi secara fisik seperti kabel. Sebuah kanal digunakan untuk melewatkan sebuah sinyal informasi, seperti serangkaian bit bit digital, dari satu atau beberapa pengirim atau transmitter ke satu atau beberapa penerima atau receiver.

Terkait dengan hal tersebut, maka kanal komunikasi dapat dibagi menjadi 3 yaitu:

1. Simplex

Komunikasi simplex mengacu kepada komunikasi yang terjadi hanya satu arah saja. Sistem ini bekerja dengan cara broadcast, dimana penerima tidak memerlukan mengirimkan data kembali ke transmitter/broadcaster.

Contoh komunikasi ini adalah radio, televisi.

Memahami Komunikasi dan Transmisi Data Jaringan Komputer 3_

2. Half Duplex

Memahami Komunikasi dan Transmisi Data Jaringan Komputer 4_

Half duplex menyediakan komunikasi dalam 2 arah, tetapi hanya satu arah per satu waktu, dengan kata lain tidak secara bersamaan. Jika salah satu pihak memulai menerima sinyal, maka harus menunggu sampai transmitter berhenti mengirimkan sinyal, sebelum menjawab sinyal tersebut.

Contoh dari sistem half duplex adalah walkie talkie.

3. Full Duplex

Sistem full duplex atau disebut double duplex, mengizinkan komunikasi dalam dua arah dan tidak seperti half duplex, full duplex mengizinkan komunikasi dua arah dalam satu waktu.

Contoh sistem full duplex adalah telepon, Ethernet, komputer.

Memahami Komunikasi dan Transmisi Data Jaringan Komputer 5_

Mode Transmisi Komunikasi

Mode transmisi berhubungan dengan cara bagaimana data dikirimkan dalam kanal komunikasi. Mode ini dibagi menjadi :

1. Transmisi Paralel

Transmisi ini mengirimkan banyak digit-digit biner atau bit secara bersamaan. Banyak nya bit yang dapat dikirimkan akan tergantung kepada jumlah kanal transmisi yang disediakan. Contoh, sebuah kanal 8 bit parallel akan mampu mengirimkan 8 bit secara bersamaan atau 1 byte dalam satu waktu.

Memahami Komunikasi dan Transmisi Data Jaringan Komputer 6_

2. Transmisi Serial

Transmisi serial merupakan sebuah proses pengiriman data satu bit per satu waktu secara berurutan atau sekuensial melewati kanal komunikasi atau bus komputer. Berbeda dengan transmisi parallel, dimana beberapa bit dikirim semua pada sebuah link dengan beberapa kanal parallel.

Transmisi serial digunakan untuk komunikasi jarak jauh dan sebagian besar jaringan komputer. Hal ini berkaitan dengan biaya kabel dan proses sinkronisasi yang sulit dengan menggunakan transmisi parallel.

Serial komputer bus merupakan contoh untuk jarak yang lebih pendek, contohnya adalah migrasi PCI ke PCI Express.

Memahami Komunikasi dan Transmisi Data Jaringan Komputer 7_

Transmisi Serial ada 2 jenis yaitu :

1. Serial Sinkron
Pada transmisi ini data dikirim secara kontinyu pada kecepatan yang tetap. Komunikasi sinkron memerlukan clock pada perangkat pengirim dan penerima untuk melakukan sinkronisasi sehingga bisa berjalan pada keepatan yang sama, sehingga penerima mendapatkan sinyal pada interval waktu yang sama dengan penerima. Contoh dari transmisi serial asinkron adalah Ethernet

Pada transmisi ini data dikirim dalam 1 blok data ( Frame). Dimana setiap frame terdiri dari :
  • Bit-bit pembuka (preamble bit)
  • Bit data
  • Bit-bit penutup postamble bit.
  • Bit-bit kontrol.

Memahami Komunikasi dan Transmisi Data Jaringan Komputer 8_

2. Serial Asinkron
Transmisi ini menggunakan protocol komunikasi serial dimana terdiri dari :
  • Start Signal yang mengirimkan awal dari setiap byte : Sinyal awal ini berfungsi untuk mempersiapkan mekanisme penerima untuk menerima dan registrasi symbol.
  • Karakter atau code word atau data
  • Stop Signal yang dikirim setelah code word : Sinyal stop ini bertujuan untuk membawa mekanisme penerima untuk berhenti sejenak dalam rangka persiapan untuk menerima symbol berikutnya.

Contoh umum transmisi ini adalah ASCII melalui RS-232, yaitu keyboard.

Memahami Komunikasi dan Transmisi Data Jaringan Komputer 9_

DAFTAR PUSTAKA
  1. Stallings, W. Data and Computer Communications (8th edition), Prentice Hall, Upper Saddle River NJ, chapter 1
  2. Dony Ariyus & Rum Andri K.R, Komunikasi Data, Penerbit Andi, Bab 1
Nikita Dini
Nikita Dini Blogger, Internet Marketer, Web Designer

Posting Komentar untuk "Komunikasi dan Transmisi Data Jaringan Komputer"