Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengatasi Kendala Pemasaran Dalam Berwirausaha / Bisnis

Mengatasi Kendala Pemasaran Dalam Berwirausaha / Bisnis - Berwirausaha dapat memberikan manfaat ekonomi sepanjang waktu baik bagi diri sendiri ataupun perkembangan perekonomian suatu bangsa. Memulai usaha atau mengembangkan bisnis usaha yang sudah ada, sudah pasti memerlukan pengorbanan yang cukup besar dan selalu dihadapkan pada ketidakpastian dan risiko yang tinggi. Risiko di dalam hal ini merupakan suatu kendala di dalam berwirausaha yang berasal dari berbagai macam faktor, salah satunya adalah aspek pemasaran yakni mengenai bagaimanakah cara produk kita dapat terjual dengan kuantitas yang tinggi, dikenal masyarakat luas dan pada akhirnya menghasilkan keuntungan yang besar.

Di dalam berwirausaha haruslah memiliki kejelian di dalam melihat peluang pasar yang akan digunakan. Karena aspek pasar akan sangat mempengarui omset penghasilan dari suatu usaha yang dijalankan tadi, omset dari penghasilan itu sendiri tentunya juga akan menentukan berlangsung atau tidaknya suatu usaha yang dijalankan. akan tetapi sering kita jumpai para wirausaha kita sering tidak memperdulikan hal-hal yang berkaitan dengan strategi-strategi pemasaran, pada umumnya mereka hanya mengoptimalkan hal-hal mengenai produk secara keseluruhan baik kualitas ataupun varietas. Walaupun faktor produk juga merupakan faktor yang sangat penting di dalam berwirausaha, terkenalnya brand atau merk suatu produk tidak akan lepas dari aspek pemasaran itu sendiri, tetapi para wirausahawan pada umumnya tidak mengetahui apa yang menjadi penyebab mengapa pemasaran produk mereka gagal.

Mengatasi Kendala Pemasaran Dalam Berwirausaha / Bisnis_
image source: www.305startup.net
baca juga: Definisi Marketing Mix, Branding, dan SWOT dalam Pemasaran

Apabila suatu pemasaran produk di dalam berwirausaha mengalami kendala maka dapat ditafsirkan penjualan produk tadi akan tidak optimal bahkan usaha itu sendiri akan bangkrut dan mengalami kerugian yang besar. Berlandaskan dari hal-hal tersebut maka penulis di dalam artikel ini akan membahas mengenai upaya mengatasi kendala pemasaran di dalam berwirausaha yang diharapkan mampu memberi solusi di dalam mengatasi kendala di dalam berwirausaha.
  1. Faktor-faktor apa sajakah yang menjadi kendala di dalam berwirausaha jika dilihat dari aspek pemasaran?
  2. Bagaimanakah upaya yang harus dilakukan para wirausahawan sebagai solusi menghadapi kendala pemasaran di dalam usahanya?

Permasalahan Pemasaran di dalam Berwirausaha

Suatu jenis usaha yang mampu bertahan dalam menghadapi segala permasalahan yang ada dan mampu menang dalam persaingan bisnis adalah mereka yang mampu membaca peluang pasar dengan memenuhinya dan memproduksi apa yang menjadi kebutuhan dan keinginan pelanggan.

Suatu usaha yang berhasil mencapai tujuannya sangat dipengaruhi oleh kemampuan perusahaan dalam memasarkan barang dan jasa. Hal ini adalah tugas dari fungsi pemasaran untuk jeli membaca setiap peluang yang ada dalam memenuhi kebutuhan pelanggan serta memasarkan produknya. Pemasaran sering dianggap sebagai salah satu kendala yang kritis bagi perkembangan suatu usaha seperti pada UKM pada saat memulai usahanya. Di dalam hal ini para wirausahawan haruslah jeli dan mencari jalan yang dianggap paling jitu untuk mengantisipasi kegagalan pemasaran di dalam berwirausaha tersebut. Kesalahan Pemasaran pada dasarnya akan berpengaruh langsung terhadap omset penjualan suatu produk yang ditawarkan.

Dalam ilmu pemasaran, sebelum melakukan berbagai fungsi pemasaran, pasar atau segmen yang dibidik harus jelas lebih dahulu. Lebih dari 60% kegagalan bisnis, bila ditelusuri ternyata disebabkan oleh gagalnya pengusaha mendefinisikan pasar yang dituju. Mereka segera bergerak bila mendengar potensi pasar, tetapi mereka tidak bertanya lebih jauh: siapa pasar yang ingin dituju, atau bagaimanakah potensi mereka. Di dalam makalah ini kendala pemasaran di bagi menjadi dua aspek yaitu aspek internal dan aspek eksternal.

Jika di lihat dari aspek internal permasalahan pemasaran di dalam berwirausaha yakni sebagai berikut:

1. Perencanaan strategi pemasaran tidak matang.
Perencanaan strategi pemasaran sering tidak diperhatikan oleh para wirausahawan. Mereka melakukan distribusi pemasaran produk miliknya tidak berdasarkan aspek-aspek pemasaran tertentu dan tanpa direncanakan terlebih dahulu. strategi pemasaran tidak dibuat secara matang akan menimbulkan pemasaran tidak diorientasikan kepada pelanggan dan membuat produk tersebut tidak laku dijual .

2. Target pasar yang terlalu lebar
Target pasar yang terlalu lebar pada dasarnya merupakan kesalahan di dalam perencanaan suatu usaha yang tidak dipertimbangkan terlebih dahulu. para pebisnis biasanya menetapkan tujuan target pemasaran kepada semua orang, mereka hanya berpikiran hanya ingin memperoleh keuntungan yang sebesar-besarnya di dalam usahanya itu tanpa memikirkan faktor-faktor lainnya. jikapun produk dan atau jasa yang ditawarkan bisa digunakan oleh semua orang, namun perlu kita ketahui tidak semua orang datang untuk membeli produk kita maka dari hal itu perlu ada spesifikasi pasar khusus untuk menempatkan produk kita dimana ditempat itu produk kita dibutuhkan oleh banyak orang.

3. Target pasar yang salah
Target pasar yang salah merupakan suatu hal yang sering terjadi di dalam berwirausaha. Seharusnya perlu perencanaan yang matang sebelum menetapkan target pasar ataupun target konsumen. para wirausahawan kadang menjual produknya ke sasaran konsumen yang tidak tepat, hal ini membuat produk yang ditawarkan tidak diminati oleh konsumen. Misalnya, seorang pengusaha menjual produk lukisan dan target pasarnya adalah masyarakat di daerah pemukiman yang mereka berpenghasilan pas-pas-an ataupun pada daerah kumuh. Sudah dapat dipastikan omset penjualan produk mereka akan sangat rendah.

4. Para warausahawan kita tidak melaksanakan bauran pemasaran (Marketing Mix) secara optimal yaitu tidak ada pengujian efektivitas iklan, harga, kemasan produk. Biasanya seorang wirausahawan di dalam pembuatan iklan tidak efektif atau dalam kata lain dapat disebutkan iklan yang dibuat tersebut tidak membuat para konsumen yang berpotensi sadar akan barang atau jasa tertentu dan kebutuhan mereka akan barang dan jasa tersebut selain hal tersebut para wirausahawan kita biasanya tidak bisa memahami kebutuhan pelanggan. Seorang wirausahawan kadang tidak mengetahui apa yang paling penting buat pelanggan atau konsumennya. Walaupun, harga yang ditawarkan murah dan barangnya berkualitas, kadang seorang wirausaha tidak melaksanakan pelayanan yang baik cepat dan memuaskan. Selain hal tersebut kadang para wirausahawan tidak memperhatikan tempat atau lokasi di dalam hal penawaran produknya padahal hal ini sangatlah penting sebagai pendukung tingginya tingkat penghasilan para wirausahawan. Kendala pemasaran juga dipengarui oleh harga, yang merupakan bagian dari bauran pemasaran, wirausahawan kita di dalam penawaran harga produknya sering memberikan penawaran harga yang tidak terjangkau, ataupun yang terjadi adalah kesalahan penetapan harga oleh para wirausaha, Pada dasarnya kesalahan-kesalahan umum di dalam penetapan harga dapat terjadi disebabkan oleh hal-hal sebagai berikut:
  • Perusahaan terlalu berorientasi pada biaya, bukan pada pesaing atau konsumen (pasar).
  • Menganggap harga merupakan variabel terpisah dari Bauran pemasaran yang lain, bukan merupakan unsur intrinsik dari segi penentuan posisi pasar.
  • Perusahaan menetapkan harga cenderung sama untuk semua jenis produk dan semua segmen pasar.

Upaya Mengatasi Kendala Pemasaran di Dalam Berwirausaha.

Untuk mengatasi kendala-kendala pemasaran di dalam berwirausaha pada dasarnya diperlukan suatu teknik dan strategi pemasaran yang matang. Perhatian seorang wirausahawan di dalam pemasaran haruslah diawali dengan riset pemasaran yaitu untuk meneliti kebutuhan dan keinginan konsumen.

Prinsip dasar pemasaran adalah menciptakan nilai bagi langganan (customer value), keunggulan bersaing (competitive advantages), dan fokus pemasaran. Dalam konteks ini, seorang wirausaha harus mampu memproduksi barang dan jasa dengan mutu yang lebih baik, harga yang lebih murah, dan penyerahan lebih cepat daripada pesaing dan seorang wirausaha harus mempunyai strategi-strategi dan teknik di dalam suatu pemasaran dari produk yang akan ditawarkan. Strategi-strategi tersebut mulai dari perencanaan sampai pada hal kerja sama dengan pengusaha-pengusaha internasional demi melancarkan pemasaran yang akan dijelaskan sebagai berikut sebagai upaya mengatasi kendala pemasaran.

1. Melaksanakan Perencanaan Pemasaran

Sebelum seorang wirausahawan memasarkan suatu produk maka diperlukan suatu perencanaan yang jelas dan matang agar tidak terjadi kendala yang menyebabkan kerugian di dalam memproduksi suatu produk ataupun akibat yang bersifat negatif lainnya terhadap produksi seperti rendahnya omset pembelian oleh konsumen. Untuk mempertajam fokus dari rencana pemasaran, seorang wirausahawan harus mengenal pasar dengan sempurna. Untuk melaksanakan hal itu di dalam perencanaan pemasaran diperlukan berbagai langkah yang harus dilaksanakan didalamnya yakni sebagai berikut:

A. Penentuan kebutuhan dan keinginan pelanggan.

Seorang wirausaha seharusnya melakukan penelitian atau riset pasar sebelum memulai usaha. Riset pasar haruslah diarahkan kepada aspek atau kebutuhan konsumen, yakni dapat diketahui melalui riset dengan aspek sebagai berikut:

  • Berapa Usia Konsumen
  • Jenis Kelamin (pria atau wanita)
  • Apa pendidikan mereka
  • Berapa penghasilan mereka
  • Apa Jabatan mereka
  • Apa yang menjadi pilihan mereka dalam membeli
  • Produk, jasa-jasa pelayanan, dan manfaat apa yang mereka beli dari
    1. Produk tadi.
    2. Bagaimana pola beli konsumen
  • Cara menarik konsumen (Promosi, iklan)
  • Cara memperoleh lebih banyak pelanggan


B. Memilih pasar sasaran khusus (special target market)
Setelah seorang wirausahawan mengetahui mengenai sesuatu hal tentang produk yang diinginkan oleh konsumen maka langkah yang harus diambil oleh seorang wirausahawan selanjutnya adalah memilih pasar sasaran khusus. Ada tiga jenis pasar sasaran khusus yaitu pasar individual (individual market), pasar khusus (niche market), segmentasi pasar (market segmentation).

C. Menempatkan strategi pemasaran dalam persaingan
Strategi pemasaran pada dasarnya sangat tergantung pada keadaan lingkungan persaingan pasar yang ada. Persaingan dapat berasal dari domestik ataupun dari luar ataupun pasar eksport maka dari itu diperlukan strategi-strategi tersendiri di dalam hal ini. Ada enam strategi untuk memenuhi permintaan dari lingkungan yang bersaing:

  • Berorientasi pada pelanggan (customer orientation) produk di buat sesuai dengan kebutuhan konsumen atau produk dibuat seperti keinginan konsumen sehingga menciptakan kepuasan konsumen apabila produk tersebut di pakai.
  • Kualitas (quality), ialah mengutamakan Total Quality Management (TQM) yaitu efektif, efisien dan tepat.
  • Kenyamanan (convenience), yaitu memfokuskan perhatian pada kesenangan hidup, kenyamanan dan kenikmatan.
  • Inovasi (innovation), yakni harus berkonsentrasi untuk berinovasi dalam produk, jasa maupun proses. Suatu produk diperlukan suatu inovasi di dalam strategi penjualannya agar pelanggan atau konsumen tidak bosan dengan strategi pemasaran yang telah dibuat sebelumya. Maka dari itu bagian pemasaran haruslah cermat di dalam melihat situsi pasar.
  • Kecepatan (speed) atau disebut juga Time Compression Management (TCM), yang diwujudkan dalam bentuk: Kecepatan untuk menepatkan produk baru di pasar dan kecepatan memperpendek waktu untuk merespons keinginan dan kebutuhan pelanggan. (customer respone time)
  • Pelayanan dan kepuasan pelanggan


D. Pemilihan strategi pemasaran
Strategi pemasaran pada dasarnya adalah paduan dari kinerja wirausaha dengan hasil pengujian dan penelitian pasar sebelumnya dalam mengembangkan keberhasilan strategi pemasaran. Untuk menarik para konsumen seharusnya para wirausahawan dapat merekayasa indikator yang terdapat dalam bauran pemasaran (marketing mix), yaitu probe, product, price, place, promotion.

2. Melaksanakan Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Secara Tepat

Cara pengusaha mempengarui konsumennya merupakan hal yang memerlukan perencanaan dan pengawasan secara matang serta perlu dilakukan tindakan-tindakan konkrit dan terprogram. Untuk keperluan tersebut pengusaha melakukan tindakan-tindakan yang dipadukan dan disebut Bauran Pemasaran (Marketing Mix). Tindakan itu terdiri dari lima macam yaitu mengenai probe, Product, price, place dan promotion, perpaduan antara lima macam aspek tersebut merupakan senjata yang harus dimiliki oleh para wirausaha di dalam memasarkan produknya, yang akan diuraikan sebagai berikut:

A. Penelitian dan Pengembangan pasar atau Probe
Penelitian dan Pengembangan pasar atau Probe dilakukan dengan berbagai cara yakni sebagai berikut:

1. Berorientasi pada konsumen
Pada suatu usaha di dalam pengembangan pasar diperlukan suatu sikap yang menekankan kepada kepuasan para pelanggan ataupun konsumen. Komponen kepuasan konsumen dapat diidentifikasi menjadi empat elemen kunci sebagai berikut:
  • Elemen dasar yang paling utama dari barang dan jasa adalah para konsumen mengharapkan semua pesaing untuk mengirimkannya.
  • Pelayanan pendukung umum, seperti bantuan bagi konsumen
  • Proses pemulihan untuk menetralkan pengalaman yang buruk
  • Pelayanan luar biasa yang melebihi pemenuhan pilihan para konsumendan membuat barang atau jasa tampak biasa.

Sedangkan di dalam pemasaran, orientasi kepuasan pelanggan menggunakan prinsip-prinsip pokok sebagai berikut:
  • Bila ada pelanggan yang merasa kurang puas, penuilah secepat mungkin kekurangan tersebut.
  • Doronglah pelanggan untuk mengajukan keluhan bila kurang memuaskan.
  • Mintalah umpan balik (feed-back) dari karyawan tentang upaya perbaikan pelayanan yang harus diberikan kepada pelanggan.
  • Buatlah komitmen untuk membuat pelayanan terbaik kepada konsumen.
  • Izinkan manajer untuk menunggu pelanggan temporer.
  • Hati-hati dalam memilih dan melatih seseorang yang akan berhubungan dengan pelanggan.
  • Berikan insentif kepada karyawan yang benar-benar memberikan pelayanan istimewa kepada pelanggan.

2. Kualitas
Agar produk yang diciptakan oleh para wirausahawan mampu diterima di pasar internasional maka seharusnya seorang wirausahawan mampu meningkatkan kualitas barang yang dibuatnya. Perbaikan kualitas suatu produk terangkum dalam Total Quality Management (TQM). Menurut Zimmerer (1996) ada lima macam komponen kualitas yang secara berurutan perlu diperhatikan, yaitu:
  • Ketepatan (reliability), yaitu rata-rata kelalaian / pengabaian
  • Daya tahan (durability), yaitu berapa lama barang dan jasa tersebut dapat dipakai/bertahan.
  • Mudah digunakan (ease of use), yaitu barang dan jasa tersebut memberikan kemudahan untuk digunakan.
  • Nama merek yang terkenal dan dipercaya (known and trusted name).
  • Harga yang relative rendah (low price).

3. Kenyamanan
Untuk memberikan pelayanan yang menyenangkan harus diperhatikan hal- hal sebagai berikut:
  • Lokasi usaha harus dekat dengan pelanggan.
  • Berikan kemudahan-kemudahan kepada pelanggan
  • Tentukan jam kerja yang menyenangkan bagi pelanggan
  • Tetapkan apakah barang perlu diantar atau tidak
  • Berikan kemudahan untuk menggunakan cara kredit

4. Inovasi
Perubahan pasar yang sangat cepat menuntut seorang wirausahawan harus secara terus menerus melakukan inovasi terhadap produknya, agar tidak ditinggal oleh para pelanggannya. Beberapa bentuk inovasi yang lazim digunakan adalah bentuk produk baru, perbedaan teknik / cara, dan pendekatan baru dalam memperkenalkannya.

5. Kecepatan
Kecepatan disebut Time Compression management (TCM), yang memiliki dua aspek, yaitu : mempercepat produk baru ke pasar, dan memperpendek waktu dalam merespons permintaan pelanggan baik dalam memproses produk maupun dalam mendistribusikan atau menyampaikannya.

6. Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan
Seorang wirausaha haruslah mengetahui bahwa cara yang terbaik untuk menarik dan mempertahankan pelanggan adalah menyajikan sebuah pelayanan yang baik yang tidak dapat disaingi oleh pesaing lainnya.

B. Produk (product)
Pengusaha dapat mempengarui konsumennya lewat produk yang ditawarkan kepada konsumennya itu, maka dari itu produk haruslah dibuat dengan baik dan berkualitas agar produk diminati oleh para konsumen. Disamping itu seorang pengusaha dapat pula memberikan harga yang rendah serta memberikan diskon / potongan harga, mencantumkan harga obral serta harga cuci gudang dan sebagainya. Dengan cara penetapan harga semacam ini akan menarik perhatian serta mendorong konsumen untuk segera melakukan transaksi pembelian agar tidak terlewatkan kesempatan yang terbatas waktunya bagi berlakunya harga obral tersebut.

C. Tempat (place)
  • Tempat yang strategis, menyenangkan, aman dan efisien merupakan tempat yang menarik bagi konsumen, untuk mencapai tempat sasaran yang baik maka dapat dilakukan dengan jalan :
  • Memperbanyak saluran distribusi, yakni Saluran distribusi langsung ataupun saluran distribusi tidak langsung. Saluran distribusi langsung menyalurkan barang-barang yang dibeli oleh konsumen secara langsung ke tempat konsumen tinggal. Dengan hal ini diharapkan konsumen tidak perlu lagi memikirkan masalah pengangkutan barang yang dibelinya itu ke rumah mereka. Di pihak wirausahawan juga akan memperoleh keuntungan dengan adanya kontak langsung tersebut karena para wirausahawan akan mengetahui gaya hidup, perkiraan penghasilan, status sosial dan sebagainya dari konsumen mereka. Dengan diketahuinya informasi tersebut para wirausahawan akan dapat mengetahui jenis-jenis kebutuhan yang lain dari konsumen tersebut yang mungkin dapat ditawarkannya pada saat itu ataupun dikemudian hari. Sedangkan saluran distribusi tidak langsung dalam hal ini seorang wirausahawan menggunakan pihak luar untuk membantu menyalurkan barang-barangnya kepada konsumen. Pihak luar tersebut merupakan penyalur atau pedagang perantara (middle man).
  • Memperluas segmentasi atau cakupannya, misal segmen lokal, regional, nasional dan internasional.
  • Menata penampilan tempat usaha, misal tata etalase dan posisi produk.
  • Menggunakan cara penyampaian barang seefisien mungkin.
  • Mengubah-ubah persediaan dari gudang yang satu ke gudang / tempat yang lain.

D. Harga (price)
Wirausaha di dalam menentukan harga yang tepat haruslah memerlukan banyak pilihan yang berdasarkan pada informasi, fakta, dan analisis di lapangan. Wirausaha harus mempertimbangkan berbagai faktor sebelum menentukan harga. Faktor-faktor yang harus dipertimbangkan yakni sebagai berikut:
  1. Biaya barang dan jasa.
  2. Permintaan dan penawaran pasar.
  3. Antisipasi volume penjualan produk dan jasa.
  4. Harga pesaing
  5. Kondisi ekonomi
  6. Lokasi usaha
  7. Fluktuasi musiman
  8. Faktor psiklogis pelanggan
  9. Bunga kredit dan bentuk kredit
  10. Sensitivitas harga pelanggan (elastisitas permintaan).

Untuk menghindari kesalahan di dalam penetapan harga tersebut wirausahawan seharusnya berorientasi pada pasar dan pesaing di dalam menetapkan harga dan menjadikan harga merupakan variable yang tidak terpisah dari bauran pemasaran. Selain hal tersebut para wirausaha harus melakukan pemberian harga yang menarik bagi para konsumen yakni dengan cara menentukan harga dasar dan harga jual barang yang berbeda-beda. Para wirausaha seharusnya berorientasi kepada pesaing juga selain kepada konsumen. Bila ada pesaing lain yang menjual barang dengan ukuran, sifat dan jenis barang yang sama dengan barang dan jasa yang kita jual maka wirausaha harus menggunakan strategi yaitu harga barang tertentu harus lebih rendah daripada harga barang pesaing. Sedangkan harga barang-barang lain bisa sama atau lebih tinggi ataupun dengan kualitas barang yang lebih baik dengan harga yang lebih tinggi.

E. Promosi
Promosi adalah cara mengkomunikasikan barang dan jasa yang ditawarkan supaya konsumen mengenal dan membeli. Tujuan promosi adalah untuk memperkenalkan barang dan jasa agar diketahui, dibutuhkan dan diminta oleh konsumen. Komponen-komponen strategi promosi mencakup:
  • Iklan, yakni setiap bentuk presentasi dan promosi ide,barang, atau jasa oleh sponsor tertentu. Missal melalui media cetak(majalah, surat kabar) atau elektronik (radio, TV, Internet, dll)
  • Penjualan langsung adalah presentasi langsung dalam suatu percakapan dengan satu atau lebih calon pembeli, dengan maksud untuk mendapatkan penjualan. Misal melalui pameran dagang, kuis berhadiah, hiburan dan sebagainya.
  • Promosi penjualan, yakni terdiri dari berbagai kegiatan promosi, antara lain peragaan penjualan, kontes, pemberian sampel, displai titik pembelian, pemberian intensif dan kupon.
  • Publisitas, yakni merangsang timbulnya permintaan yang bersifat impersonal terhadap suatu produk, jasa, atau ide dengan cara memasang berita komersial di mass media dan tidak dibayar langsung oleh suatu sponsor.
  • Waraniaga mempromosikan langsung barang itu ke konsumen sasaran dengan membawa produk contoh.

Seorang wirausaha haruslah menggunakan beberapa dari komponen-komponen strategi promosi tersebut agar produk yang dipasarkan dapat berkembang, bertahan dan dikenal masyarakat.

3. Mengikuti Perkembangan IPTEK

Seorang wirausaha haruslah mengenal tentang teknologi informasi yang berkembang. Dengan menggunakan sarana media elektronik seperti internet wirausaha dapat mengetahui tentang keadaan perekonomian suatu negara baik dalam negeri maupun luar negeri yang bermanfaat untuk pangsa pasar produknya. Seorang wirausaha harus tahu tentang bagaimana penggunaan internet ataupun media-media elektronik lainnya agar dapat di manfaatkan di dalam membantu usahanya itu. Dengan memanfaatkan internet atau media elekronik lainnya atau media cetak, para wirausaha akan mengetahui informasi yang akurat mengenai peluang-peluang pasar di dalam maupun di luar negeri ataupun mengenai peraturan-peraturan terbaru tentang pasar atau perekonomian internasional. Selain hal tersebut penggunaan teknologi akan memperluas jaringan pemasaran wirausaha dengan menemukan jaringan-jaringan baru di dunia maya tersebut. Seperti dengan menggunakan sarana internet seorang wirausaha dapat mengiklankan produknya sampai keseluruh dunia dengan tidak mengeluarkan biaya yang tidak terlalu tinggi dan akan menciptakan suatu efisiensi di dalam wirausaha tersebut.

4. Bekerja Sama Dengan Wirausahawan Luar Negeri

Wirausaha dapat mengadakan kerja sama dengan pengusaha luar negeri, hal ini dimaksudkan agar mereka dapat menjalin hubungan yang saling menguntungkan satu sama lainnya. Selain hal tersebut untuk masalah kebijakan-kebijakan ekspor yang menghambat perkembangan usaha dan telah ditetapkan oleh suatu negara pengimpor seperti dumping ataupun anti dumping dapat dipecahkan secara bersama-sama, agar masing-masing pihak tidak ada yang dirugikan. Selain hal itu seorang wirausaha dapat bekerja sama di dalam menciptakan produk bersama-sama, saling tukar menukar keahlian ataupun IPTEK agar produksi produk kita semakin maju dan menyebar di seluruh dunia.

A. Kesimpulan

Kewirausahaan adalah nilai, kemampuan (ability) dan perilaku seseorang dalam menghadapi tantangan hidup untuk memperoleh peluang dengan berbagai risiko yang mungkin dihadapiya. Risiko yang di hadapi dalam berwirausaha sangat banyak sekali salah satunya adalah pemasaran. Kendala-kendala pemasaran di dalam berwirausaha adalah sebagai berikut apabila di lihat dari faktor internal yaitu perencanaan strategi pemasaran tidak dibuat secara matang, target pasar yang terlalu lebar, target pasar yang salah, dan para warausahawan kita yang tidak melaksanakan bauran pemasaran (Marketing Mix) secara optimal. Sedangkan dari faktor eksternal adalah tekanan-tekanan persaingan, baik di pasar domestik ataupun pasar ekspor, dumping dan anti dumping ataupun kebijakan-kebijakan lain yang menghambat ekspor, Kekurangan informasi yang akurat dan up to date mengenai peluang-peluang pasar di dalam maupun diluar negeri dan peraturan-peraturan mengenai tata niaga pemasaran regional atau internasional.

Kendala-kendala pemasaran di dalam berwirausaha dapat di atasi apabila segala sesuatunya mengenai pemasaran dapat direncanakan terlebih dahulu, selain itu melaksanakan Bauran Pemasaran (Marketing Mix) harus di laksanakan secara tepat juga merupakan upaya di dalam mengatasi kendala pemasaran di dalam berwirausaha. Seorang wirausaha harus mempelajari dan mengikuti perkembangan IPTEK agar tidak tertinggal terhadap informasi-informasi baru yang berhubungan dengan usahanya, selain hal tersebut bekerja sama dengan wirausahawan luar negeri atau pengusaha bertaraf internasional merupakan upaya untuk memudahkan pemasaran karena telah ada kerja sama sebelumnya antara kedua belah pihak wirausaha. Bekerja sama dengan wirausaha asing dapat untuk menyelesaikan masalah hambatan ekspor antar negara agar dapat ditemukan jalan keluar dari suatu permasalahan yang menjadi kendala pemasaran tadi.

B. Saran

Seorang wirausaha haruslah ulet di dalam menghadapi berbagai permasalahan di dalam usahanya termasuk kendala pemasaran. Karena pada hakikatnya pemasaran adalah kegiatan yang mengusahakan agar produk yang dipasarkannya itu dapat diterima dan disenangi oleh pasar. Maka dari itu perlu upaya-upaya khusus agar produk itu diterima oleh pasar dan disenangi oleh pasar atau konsumen.

Pemasaran merupakan hal yang penting di dalam suatu usaha, maka dari itu seorang wirausaha harus mempunyai strategi-strategi yang jitu di dalam melaksanakan pemasaran produk dengan teknik yang baik agar diperoleh keuntungan yang maksimal dari omset penjualan produk tersebut. Wirausaha juga harus mengikuti perkembangan berita bisnis atau keadaan ekonomi baik nasional ataupun internasional agar dapat segera bertindak kalau terjadi perubahan perekonomian nasional ataupun global. Penguasaan internet ataupun sarana IPTEK lain harus dimiliki para wirausahawan, dengan penguasaan internet para wirausaha dapat memasarkan produknya ke seluruh dunia dengan biaya yang tidak terlalu besar di dalam pelaksanaannya.

Sekian artikel tentang Mengatasi Kendala Pemasaran Dalam Berwirausaha / Bisnis.

Daftar Pustaka
  1. Tambunan,T.H.Tulus.2002.Dr. Usaha Kecil dan Menengah di Indonesia. Jakarta.Salemba Empat
  2. Suryana.M.si.Dr.2003. Kewirausahaan.Jakarta.Salemba Empat
  3. Bangs,Jr. David H. 1995. Pedoman Langkah Awal Menjalankan Usaha. Jakarta. Erlangga
  4. Gitosudarmo, Indriyo.1994. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta.BPFE-Yogyakarta
  5. Cravens, David W.1996. Pemasaran Strategis. Jakarta. Erlangga
Nikita Dini
Nikita Dini Blogger, Internet Marketer, Web Designer

Posting Komentar untuk "Mengatasi Kendala Pemasaran Dalam Berwirausaha / Bisnis"