Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian dan Cara Kerja OSI Layer Pada Jaringan

Pengertian dan Cara Kerja OSI Layer Pada Jaringan - OSI model menyediakan serangkaian fungsi-fungsi dan layanan yang terjadi pada setiap layer. OSI model memberikan gambaran tentang interaksi dari setiap layer dengan layer sebelum atau sesudahnya secara langsung.

OSI model atau disebut sebagai OSI layer memiliki 7 buah layer, yaitu sebagai berikut:

Pengertian dan Cara Kerja OSI Layer Pada Jaringan_

baca juga: Memahami Konsep OSI Layer Pada Jaringan Komputer

Pengertian dan Cara Kerja OSI Layer Pada Jaringan 3_Pengertian dan Cara Kerja OSI Layer Pada Jaringan 2_

Pengertian dan Cara Kerja OSI Layer Pada Jaringan 4_

Pengertian dan Cara Kerja OSI Layer Pada Jaringan 5_

Pengertian dan Cara Kerja OSI Layer Pada Jaringan 6_

Pengertian dan Cara Kerja OSI Layer Pada Jaringan 7_

Perbedaan OSI Model dengan TCP/IP

Pengertian dan Cara Kerja OSI Layer Pada Jaringan 8_

Pada OSI Model, Network Access layer dan Application layer yang ada pada TCP/IP model dipecah menjadi beberapa layer.

Layer 1 dan 2

Pada OSI, Layer 1 dan 2 membahas prosedur yang diperlukan untuk mengakses media dan physical berarti mengirimkan data melalui sebuah jaringan.

Pada TCP/IP protocol, Network Access Layer tidak secara spesifik menentukan protocol apa yang digunakan pada saat transmisi melalui media fisik.

TCP/IP hanya menggambarkan proses perpindahan dari Internet Layer ke Physical Network protocol.

Layers 3 dan 4

OSI Model dan TCP/IP memiliki layer yang sama.

Layer 3

Pada OSI Model, Layer 3, Network layer, secara umum digunakan untuk membahas dan mendokumentasikan proses proses yang terjadi pada semua data jaringan ke alamat dan me-route pesan melalui sebuah internetwork.

Internet Protocol (IP) merupakan TCP/IP suite protocol yang melibatkan fungsi-fungsi pada Layer 3.

Layer 4

Transport layer OSI model, digunakan untuk menggambarkan secara umum layanan layanan atau fungsi fungsi untuk mengelola komunikasi individu antara Host sumber dan tujuan. Fungsi fungsi ini meliputi informasi, Perbaikan error dan pengurutan.

Pada TCP/IP protocols, Transmission Control Protocol (TCP) and User Datagram Protocol (UDP) memiliki fungsi yang hamper sama

Layer 5,6 dan 7

OSI model Layers 5, 6 and 7 digunakan sebagai referensi untuk pengembang software aplikasi dan vendor untuk menghasilkan produk yang memerlukan akses jaringan untuk komunikasi.

TCP/IP Application layer melibatkan sejumlah protocols yang menyediakan fungsi-fungsi khusus untuk suatu jenis aplikasi end user.

Pengalamatan pada Jaringan

OSI model menggambarkan proses-proses encoding, formatting, segmenting, dan encapsulating data untuk transmisi melalui jaringan. Suatu data stream yang dikirim dari sebuah sumber ke sebuah tujuan dapat dibagi menjadi bagian bagian yang lebih kecil dan dapat disisipkan dengan pesan-pesan yang sedang berjalan dari host-host lain ke tujuan yang lain. Milyaran potongan potongan informasi ini berjalan pada sebuah jaringan pada waktu tertentu. Sangat penting untuk setiap potongan data memiliki informasi tentang identitasnya secara valid agar bisa sampai ketujuan yang benar.

Pengertian dan Cara Kerja OSI Layer Pada Jaringan 9_

Ada beberapa jenis pengalamatan yang harus ditambahkan, agar pengiriman data dari aplikasi sumber ke aplikasi tujuan sukses, menggunakan OSI model merupakan cara yang tepat, karena memberikan alamat dan identifikasi yang berbeda untuk setiap layer.

During the process of encapsulation, address identifiers are added to the data as it travels down the protocol stack on the source host. Just as there are multiple layers of protocols that prepare the data for transmission to its destination, there are multiple layers of addressing to ensure its delivery.

Pengalamatan PDU
Pengenal yang pertama, alamat fisik host, terdapat pada header layer 2 PDU disebut Sebagai Frame. Layer 2 berhubungan dengan pengiriman pesan pesan pada sebuah jaringan lokal tunggal. Alamat layer 2 bersifat unik pada jaringan local dan menyatakan alamat dari end device pada media fisik.

Pada sebuah LAN menggunakan Ethernet, alamat ini disebut dengan Media Access Control (MAC) address. Pada saat 2 end devices berkomunikasi pada jaringan Ethernet lokal, frames yang dipertukarkan berisi MAC addresses sumber dan tujuan. Pada saat sebuah frame secara sukses diterima oleh host tujuan, Informasi Layer 2 address dihapus pada data dengan decapsulated bergerak keatas layer 3 protocol stack.

Pengertian dan Cara Kerja OSI Layer Pada Jaringan 10_
DAFTAR PUSTAKA
  1. Stallings, W. Data and Computer Communications (8th edition), Prentice Hall, Upper Saddle River NJ, chapter 1
  2. CCNA exploration 4.0 Network Fundamental
Nikita Dini
Nikita Dini Blogger, Internet Marketer, Web Designer

Posting Komentar untuk "Pengertian dan Cara Kerja OSI Layer Pada Jaringan"