Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Apa Itu VB.Net (Visual Basic .Net) Pengertian dan Contoh

Mengenal Apa Itu VB.Net (Visual Basic .Net) Pengertian dan Contoh - Teknologi .NET merupakan desain ulang dari Java dengan prinsip yang sama namun mempunyai tujuan yang berbeda. Jika Java mempunyai slogan write, one, run anywhere (tulis sekali, jalankan dimana saja), yang dapat diartikan satu bahasa Java untuk banyak platform, maka .NET juga menganut prinsip ini dengan tujuan yang berbeda, yaitu many language, one platform, yang artinya sebuah aplikasi Windows dapat dibangun dengan banyak bahasa. Sekarang telah dan sedang dikembangkan proyek implementasi .NET pada platform Linux, yaitu Mono, sehingga ke depan .NET akan mengikuti prinsip many language, many paltform.

Mengenal Apa Itu VB.Net (Visual Basic .Net) Pengertian dan Contoh_
baca juga: Sejarah Visual Basic Serta Kelebihan dan Kekurangan Visual Basic

.NET Platform merupakan satu set kumpulan teknologi yang memungkinkan teknologi internet ditransformasikan kedalam platform distributed computing dengan skalabilitas dan kompatibilitas yang tinggi. Secara teknikal .NET Platform menyediakan konsep pemrograman dengan library dan modul-modul baru yang konsisten, terlepas dari jenis bahasa pemrograman yang digunakan.

.NET Platform menyediakan hal-hal berikut bagi para developer :
  1. Language independent, dengan programming model yang konsisten di semua tier aplikasi yang dibangun.
  2. Interoperability dan kompatibilitas antar pemakai. 
  3. Kemudahan migrasi dari teknologi yang ada saat ini.
  4. Dukungan penuh terhadap berbagai teknologi standar yang digunakan dalam plattform internet antara HTTP,XML,SOAP dan HTML. 

Teknologi inti NET secara umum terdiri dari 4 area pokok yaitu :

1) .NET Framework

Teknologi .NET Framework adalah sebuah Application Programming Language (API), yaitu kumpulan kelas atau sebuah pustaka inti yang digunakan untuk melakukan pemrograman .NET. Kelas-kelas core (inti) .NET ini menyediakan berbagai macam kelas yang berfungsi untuk melakukan apapun yang diinginkan di lingkungan Windows, ataupun lingkungan WEB, mulai dari bekerja dengan data hingga bekerja dengan form (jendela) dan kontrol.

Berbeda dengan API Win32 seperti VB6 ke bawah yang bersifat prosedural, kini .NET bersifat Object Oriented penuh (OOP). Apapun yang akan anda lakukan pada .NET, anda harus membuat sebuah objek dari kelas yang mempunyai fungsi tertentu. Kelas-kelas ini dapat diakses melalui bahasa pemrograman .NET apapun. .NET mendukung multi languages sehingga bahasa menjadi masalah seni dan kesukaan saja karena yang diakses adalah pustaka API. Semua objek yang dipanggil dengan bahasa .NET tertentu akan mempunyai method, properti, dan event yang sama. Hasil akhir dari semua bahasa pemrograman .NET juga sama, yaitu bahasa Intermediate Language (IL) atau Microsoft Intermediate Language (MSIL), yaitu sebuah bahasa pertengahan yang dapat diakses oleh bahasa .NET dan dapat diterjemahkan oleh CLR atau dijalankan

.NET Framework adalah teknologi inti yang menyediakan berbagai library untuk digunakan oleh aplikasi diatasnya. Komponen inti .NET Framework adalah Common Language Runtime (CLR) yang menyediakan run time environtment untuk aplikasi yang dibangun menggunakan Visual Studio .NET, terlepas dari jenis bahasa pemrogramannya. Dengan adanya CLR tersebut programmer dapat menikmati Consistent object model dalam mengakses berbagai komponen library. Dengan demikian penggunaan bahasa pemrograman dalam dunia .NET adalah lebih kemasalah selera atau taste, dan bukan pada kelebihan maupun kekurangan masing-masing bahasa. Karena semua bahasa pemrograman yang mensupport .NET mengakses Library yang sama, bahasa sekedar skin atau theme. Bukan senjata sakti bagi seorang .NET Developer, Pemahaman terhadap konsep dan object model .NET Framework adalah jauh lebih penting daripada bahasa pemrograman itu sendiri.

2) .NET Building Block Service

Building Block merupakan sekumpulan services yang bersifat programmable yang dapat diakses secara offline maupun online. Service tersebut merupakan modul-modul yang terdapat di suatu komputer, server dalam jaringan, maupun server di internet. Service ini merupakan suatu idealisasi di masa depan, dimana sebuah aplikasi bersifat terdistribusi dengan modul-modul yang tersimpan diberbagai tempat, tetapi dapat diintegrasikan membentuk sebuah aplikasi. Konsep ini merupakan arah pengembangan subscription based software, yang saat ini mulai banyak berkembang dan dikenal sebagai Application Server Provider.

Service tersebut dapat di akses oleh berbagai paltform, asalkan platform tersebut mensupport protokol SOAP, yang merupakan protokol standar dalam mengakses web service. Peranan XML sebagai media definisi data menjadi sangat penting dalam hal ini dan XML juga menjadi pusat perubahan besar dalam platform .NET .

3) .NET Enterprise Server

Bagian ini merupakan sekumpulan server based technology yang digunakan untuk mendukung teknologi .NET yang mencakup sistem operasi, database, messaging, maupun manajemen e-commerce. Teknologi yang disediakan antara lain adalah windows 2000 Server, SQL Server,Exchange, ISA Server dan BizTalk Server

4) Visual Studio .NET

Visual Studio .NET menyediakan tools bagi para developer untuk membangun aplikasi yang berjalan di .NET Framework VS. Net membawa perubahan besar dalam gaya pemrograman karena setiap programmer dituntut untuk memahami .NET object model dan OOP dengan baik jika tidak ingin menghasilkan aplikasi dengan performa yang rendah. VS.NET juga semakin mempertipis jarak antara Windows Programmer dengan Web Programmer.

Dunia scripting yang akrab bagi programmer web akan sulit ditemukan dalam .NET karena pemrograman Web sudah bersifat full object oriented, dengan fasilitas even driven programming sebagaimana layaknya windows programming. Pemrograman web menjadi lebih mudah dan menyenangkan bagi para programmer windows, sedangkan anda para veteran scripting language sudah saatnya untuk beralih ke ASP.NET yang dapat di program menggunakan VB, C# maupun Phyton dan COBOL sekalipun.

EKSEKUSI KODE

Setelah anda membangun/menulis sebuah aplikasi dengan Visual Basic 2010 ataupun Visual C++, C# dan F# dengan .NET Framework terdapat beberapa proses yang harus dilalui untuk menjalankan kode yang Anda tulis tersebut. Saat anda membangun aplikasi menggunakan Visual Basic 6, kode langsung dikompilasi menjadi perintah x86 yang dimengerti oleh mesin komputer sebelum dapat dieksekusi dan disebarkan. Kode mesin yang dihasilkan ini akan terpasang dan dijalankan pada mesin lain yang mendukung instruksi x86 dan hanya berjalan pada Windows.

Jika Anda menulis aplikasi dengan Visual Basic 2010, Anda masih harus mengkompilasi kode tersebut, namun kode tersebut tidak langsung dikompilasi menjadi instruksi mesin x86 akan tetapi akan dikompilasi menjadi bahasa MSIL. Mesin tidak akan menjalankan MSIL secara langsung karena mesin/prosesor tidak mengerti MSIL. Alur pembuatan aplikasi hingga aplikasi tersebut dijalankan dan perbedaannya dengan Visual Basic 6 dapat dilihat pada gambar di bawah ini :

Gambar 1. Alur Pembuatan Program pada Visual Basic 6

Gambar 2. Alur Pembuatan Program pada Visual Basic .NET

COMMON LANGUAGE RUNTIME (CLR)

Common Language Runtime (CLR) adalah inti dari .NET, seperti terlihat pada gambar 2. di atas. CLR mengambil aplikasi .NET anda, kemudian mengkompilasinya menjadi kode native dan prosesor menjalankan aplikasi .NET tersebut. CLR menyediakan beberapa fungsionalitas berikut :

- LOAD dan EKSEKUSI KODE

CLR mempunyai prinsip yang sama dengan Java Runtime Environment (JRE) atau Java Virtual Machine (JVM) pada JAVA. Pada pemrograman Java, source kode dikompilasi menjadi file byte code (*.class) kemudian diterjemahkan ke dalam bahasa mesin melalui JRE. Demikian juga .NET dengan CLR, yaitu membaca kode MSIL kemudian me-load dan mengeksekusi kode MSIL tersebut dalam bahasa mesin. Anda dapat melihat persamaan proses antara Java dan .NET pada gambar berikut :

Gambar 3. Proses Pembuatan Aplikasi .NET hingga dieksekusi

- ISOLASI APLIKASI

Pada sistem operasi modern seperti Windows dan Linux, sebuah aplikasi diisolasi antara satu dengan yang lain. Hal ini sangatlah penting dari segi keamanan dan kestabilan. Isolasi dilakukan dengan memberikan namespace pada Visual Basic 2010, sebagaimana di Java dengan package.

Jika anda membuat aplikasi dengan nama yang sama dan dijalankan bersama-sama atau karena jeleknya program yang anda tulis akan crash (tabrakan). Tabrakan ini dalam windows dapat menyebabkan blue screen of death (BSOD), yaitu sebuah layar biru yang menerangkan kesalahan yang terjadi. Isolasi aplikasi pada .NET dapat mengatasi masalah blue screen yang terjadi pada Windows.

- KEAMANAN

.NET mendukung penuh konsep kode keamanan. Framework telah didesain untuk memberikan level kontrol untuk mengatur program yang dijalankan atau tidak, seperti sistem administrator, users, dan software developer. Dengan teknologi .NET semua situasi berubah dikarenakan fitur keamanan dibangun pada CLR. Di bawah CLR, kode memerlukan bukti bahwa aplikasi layak untuk dijalankan. Bukti ini dapat terdiri dari sekumpulan aturan yang anda definisikan sendiri dan administrator sistem, sebaik kode asli. Contoh Aplikasi pada PC / komputer stand alone, jaringan lokal, atau jaringan internet.

- PENANGANAN KESALAHAN

Penanganan Kesalahan (exception handling) adalah sebuah konsep untuk menyelesaikan masalah kejadian yang dikecualikan ketika Anda menjalankan atau mengeksekusi kode Anda. Sebagai contoh, Anda membuka sebuah file dalam hard disk dan ternyata file tidak ada pada alamat yang Anda maksud. Hal ini akan menyebabkan kondisi kesalahan/kondisi yang dikecualikan sehingga Anda memerlukan sebuah penanganan dengan sebuah cara. Jika Anda tidak menanganinya maka bisa jadi sistem akan menjadi crash atau Anda tidak dapat membuka jendela dialog untuk memberikan alamat baru.

.NET menyediakan penanganan kesalahan yang powerfull yang dapat menangkap kesalahan ketika terjadi kesalahan dan memberikan solusi pada program Anda untuk keluar dari kesalahan tersebut.

- INTEROPERABILITY

Interoperability berhubungan dengan type data yang disediakan oleh Visual Basic 2010 pada library inti framework, dimana type data diatur oleh masing-masing bahasa. Hal ini dikenal sebagai Common Type System (CTS). Ini adalah pengembangan besar untuk interoperability bahasa. Tipe interoperability yang lain adalah komunikasi dengan interface Component Object Model (COM) yang sudah ada. Dikarenakan besarnya software aplikasi utama yang ditulis pada COM, tidak dapat dihindari bahwa .NET harus dapat berkomunikasi dengan library COM yang dikenal dengan interop COM.

Sekian artikel tentang Mengenal Apa Itu VB.Net (Visual Basic .Net) Pengertian dan Contoh.
Nikita Dini
Nikita Dini Blogger, Internet Marketer, Web Designer

Posting Komentar untuk "Mengenal Apa Itu VB.Net (Visual Basic .Net) Pengertian dan Contoh"