Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sejarah dan Definisi Rekayasa Perangkat Lunak Menurut Ahli

Sejarah dan Definisi Rekayasa Perangkat Lunak Menurut Ahli - Rekayasa perangkat lunak telah berkembang sejak pertama kali diciptakan pada tahun 1940-an hingga kini. Fokus utama pengembangannya adalah untuk mengembangkan praktek dan teknologi untuk meningkatkan produktivitas para praktisi pengembang perangkat lunak dan kualitas aplikasi yang dapat digunakan oleh pemakai.

Sejarah dan Definisi Rekayasa Perangkat Lunak Menurut Ahli_
image source: www.zdnet.com
baca juga: Macam Macam Perangkat Lunak dan Aplikasi yang Dihasilkan

1945 - 1965: Awal

Istilah software engineering digunakan pertama kali pada akhir 1950-an dan awal 1960-an. Saat itu, masih terdapat debat tajam mengenai aspek engineering dari pengembangan perangkat lunak.

Pada tahun 1968 dan 1969, komite sains NATO mensponsori dua konferensi tentang rekayasa perangkat lunak, yang memberikan dampak kuat terhadap perkembangan rekayasa perangkat lunak. Banyak yang menganggap bahwa dua konferensi inilah yang menandai awal resmi profesi rekayasa perangkat lunak.

1965 - 1985: krisis perangkat lunak


Pada tahun 1960-an hingga 1980-an, banyak masalah yang ditemukan para praktisi pengembangan perangkat lunak. Banyak projek yang gagal, hingga masa ini disebut sebagai krisis perangkat lunak. Kasus kegagalan pengembangan perangkat lunak terjadi mulai dari projek yang melebihi anggaran, hingga kasus yang mengakibatkan kerusakan fisik dan kematian. Salah satu kasus yang terkenal antara lain meledaknya roket Ariane akibat kegagalan perangkat lunak.

1985 - kini: tidak ada senjata pamungkas

Selama bertahun-tahun, para peneliti memfokuskan usahanya untuk menemukan teknik jitu untuk memecahkan masalah krisis perangkat lunak.

Berbagai teknik, metode, alat, proses diciptakan dan diklaim sebagai senjata pamungkas untuk memecahkan kasus ini. Mulai dari pemrograman terstruktur, pemrograman berorientasi object, perangkat pembantu pengembangan perangkat lunak (CASE tools), berbagai standar, UML hingga metode formal diagung-agungkan sebagai senjata pamungkas untuk menghasilkan software yang benar, sesuai anggaran dan tepat waktu.

Pada tahun 1987, Fred Brooks menulis artikel No Silver Bullet, yang berproposisi bahwa tidak ada satu teknologi atau praktek yang sanggup mencapai 10 kali lipat perbaikan dalam produktivitas pengembangan perangkat lunak dalam tempo 10 tahun.

Sebagian berpendapat, no silver bullet berarti profesi rekayasa perangkat lunak dianggap telah gagal. Namun sebagian yang lain justru beranggapan, hal ini menandakan bahwa bidang profesi rekayasa perangkat lunak telah cukup matang, karena dalam bidang profesi lainnya pun, tidak ada teknik pamungkas yang dapat digunakan dalam berbagai kondisi

Definisi Rekayasa Perangkat Lunak

Berikut adalah beberapa definisi dari istilah Rekayasa Perangkat Lunak :

1. Menurut Stephen R.Schach
Sebuah disiplin dimana dalam menghasilkan perangkat lunak bebas dari kesalahan dan dalam pengiriman anggaran tepat waktu serta memuaskan keinginan pemakai.

2. Menurut Fritz BauerPenetapan dan penggunaan prinsip rekayasa dalam rangka memperoleh perangkat lunak yang dapat dipercaya dan dapat bekerja secara efisien pada mesin nyata.

3. Menurut IEEE 610.12

Sebuah studi pendekatan dan aplikasi secara sistematis, disiplin pengembangan operasi dan pemeliharaan PL yang kesemuanya itu merupakan aplikasi rekayasa yang berkaitan dengan PL.

4. Menurut Wikipedia

“Software engineering is the application of a systematic, disciplined, quantifiable approach to the development, operation, and maintenance of software“. Secara ringkasnya adalah bahwa SE mencakup pembuatan, pengembangan, dan pemeliharaan suatu software.

Pembuatan meliputi bagaimana suatu software dibuat mulai dari user requirements, spesifikasi, desain, testing, dokumentasi (misal berupa manual pembuatan program), dan sebagainya. Sedangkan pengembangan adalah untuk menambah fitur-fitur baru yang belum ada pada versi sebelumnya. Pemeliharaan digunakan untuk memperbaiki bugs atau errors yang tidak ketahuan ketika dalam tahap pembuatan. Pemeliharaan ini biasanya dapat berupa Service Pack, dan sebagainya.

Sekian artikel tentang Sejarah dan Definisi Rekayasa Perangkat Lunak Menurut Ahli. Semoga bermanfaat.

Daftar Pustaka
  • Software Engineering Ian Sommerville
  • Software Engineering Roger S.Pressman
Nikita Dini
Nikita Dini Blogger, Internet Marketer, Web Designer

Posting Komentar untuk "Sejarah dan Definisi Rekayasa Perangkat Lunak Menurut Ahli"