Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Spesifikasi, Fungsi, dan Ruang Lingkup Perangkat Lunak

Spesifikasi, Fungsi, dan Ruang Lingkup Perangkat Lunak - Artikel ini akan membahas mengenai spesifikasi perangkat lunak yang dipergunakan untuk memenuhi kebutuhan pemakai. Melalui artikel ini diharapkan dapat menjabarkan spesifikasi Perangkat Lunak dan melakukan pengkajian spesifikasi Perangkat Lunak.

Spesifikasi Perangkat Lunak

Definisi

Kebutuhan Perangkat Lunak adalah kondisi, kriteria, syarat atau kemampuan yang harus dimiliki oleh perangkat lunak untuk memenuhi apa yang disyaratkan atau diinginkan pemakai.

Jenis perangkat lunak :

1. Kebutuhan fungsional : kebutuhan yang berkaitan dengan fungsi atau proses transformasi yang harus mampu dikerjakan oleh perangkat lunak.

contoh : perangkat lunak harus dapat menyimpan semua rincian data pesanan pelanggan

2. Kebutuhan Antarmuka : kebutuhan yang menghubungkan perangkat lunak dengan elemen perangkat keras, perangkat lunak, atau basis data.

contoh : perangkat untuk input data dapat berupa keyboard, mouse, dan scanner.

3. Kebutuhan unjuk kerja : kebutuhan yang menetapkan karakteristik unjuk kerja yang harus dimiliki oleh perangkat lunak

contoh : perangkat lunak harus bisa mengolah data sampai 1juta record untuk tiap transaksi

Spesifikasi, Fungsi, dan Ruang Lingkup Perangkat Lunak_
image source: youtube.com
baca juga: Pengertian dan Contoh Analisis Kebutuhan Perangkat Lunak

1. Pendahuluan

Dalam Pembuatan Spesifikasi Kebutuhan Perangkat Lunak (SKPL) yang dapat menggambarkan kebutuhan pengguna dan memberikan arah agar perancangannya sesuai dengan rancangan.

Tujuan

Membahas mengenai perangkat lunak yang kebutuhan softwarenya ada pada dokumen ini. Gambarkan lingkup dari produk yang dilingkupi oleh SKPL ini, khususnya jika gambaran SKPL hanya bagian dari sebuah sistem atau sub sistem

Ruang Lingkup Perangkat Lunak

Memberikan gambaran singkat mengenai perangkat lunak yang akan dikembangkan, termasuk keuntungan, tujuan dan sasaran. Terangkan juga hubungan perangkat lunak dengan sasaran perusahaan atau strategi binis

Target Audience

Untuk target audience menjelaskan siapa yang harus memahami dan menggunakan dokumen. Dapat menunjukkan bagaimana perbedaan dari masing-masing audience tersebut dalam memperlakukan dokumen .

2. Deskripsi Umum

Tentang Perangkat Lunak

Menggambarkan secara apa adanya keadaan perangkat lunak yang ditetapkan dalam SKPL. Sebagai contoh, perangkat lunak yang mengganti sebagian sistem yang ada. Jika SKPL mendefinisikan komponen dari sistem yang besar, kebutuhan dari sistem tersebut di bagi menjadi dua, yaitu fungsionalitas perangkat lunak dan identifikasi antarmuka. Diagram sederhana dapat membantu untuk menunjukkan komponen utama dari sistem keseluruhan, interkoneksi subsistem dan antarmuka eksternal.

Fungsi-fungsi Perangkat Lunak

Berisi ringkasan dari fungsi-fungsi utama perangkat lunak. Dapat berupa ringkasan yang bersifat high level . Aturlah fungsi-fungsi tersebut agar mudah dipahami saat membaca SKPL . Gambarkan dengan menggunakan seperti data flow diagram level 0 atau object class diagram.

Karakteristik dan Klasifikasi Pengguna

Memperkenalkan variasi klasifikasi pengguna yang akan mempergunakan perangkat lunak ini. Klasifikasi pengguna bisa dibedakan berdasarkan banyak pengguna, kumpulan pengguna fungsi perangkat lunak, keahlian teknis, keamanan atau pembagian hak akses. Terangkan karakteristik dan kebutuhan yang berhubungan dengan setiap klasifikasi pengguna. Membedakan klasifikasi pengguna yang sangat penting untuk perangkat lunak ini, dengan klasifikasi pengguna yang dianggap kurang penting untuk dipuaskan.

Lingkungan Operasi

Merupakan gambaran lingkungan dimana perangkat lunak ini akan beroperasi, termasuk platform perangkat keras, versi dan sistem operasi, dan berbagai software atau aplikasi lain yang diperlukan untuk mendampinginya.

Batasan Desain dan Implementasi

Menggambarkan beberapa item atau isu yang dapat membatasi pengembangan perangkat lunak. Hal ini termasuk: kebijakan regulasi perusahaan, keterbatasan perangkat keras (timing requirements, memory requirements), antarmuka pada aplikasi lain, teknologi tertentu, tools, dan database yang digunakan, operasi paralel, kebutuhan bahasa, protokol komunikasi, pertimbangan keamanan, konvensi desain atau standart pemrograman (contohnya jika organisasi customer/pengguna akan bertanggung jawab dalam pemelihara perangkat lunak yang telah diberikan)

Dokumentasi Bagi Pengguna

Berisi daftar komponen-komponen dokumentasi yang diperuntukkan kepada pengguna (seperti: user manual, bantuan on-line, dan tutorials) dan yang akan diberikan bersama-sama perangkat lunaknya.

Asumsi dan Ketergantungan

Berisi daftar beberapa asumsi yang akan mempengaruhi beberapa kebutuhan dalam SKPL. Termasuk di dalamnya third-party atau komponen komersil dalam perencanaan yang digunakan, isu-isu atau batasan tentang pengembangan atau lingkungan operasi. Pekerjaan pembuatan SKPL ini akan terpengaruh jika asumsi-asumsinya tidak benar, tidak shared, atau berubah. Tunjukkan juga ketergantungan terhadap faktor eksternal, seperti komponen-komponen perangkat lunak yang dimaksudkan untuk digunakan pada proyek lain, kecuali kalau telah disiapkan pada dokumen lain (misalnya dalam dokumen perencanaan proyek). 

3. Kebutuhan Antarmuka Eksternal

Antarmuka Pengguna

menguraikan karakteristik logik dari setiap antarmuka antara produk perangkat lunak dan penggunanya. Bisa berupa contoh gambar screen, beberapa standar GUI atau arahan bentuk yang harus diikuti, batasan screen layout, standart buttons dan function (misal help) yang akan kelihatan pada setiap screen, keyboard shortcuts, standart tampilan error message, dan yang lainnya. Tentukan komponen perangkat lunak yang diperlukan untuk antarmuka pengguna. Detail dari desain antarmuka pengguna ada pada dokumen terpisah yaitu spesifikasi antarmuka pengguna.

Antarmuka Perangkat Keras

Gambarkan karakteristik logik dan fisik dari setiap antarmuka antara produk perangkat lunak dan komponen perangkat keras dari sistem. Boleh berupa tipe peralatan pendukung, data alamiah dan kontrol interaksi antara perangkat lunak dan perangkat keras, dan protokol komunikasi yang digunakan.

Antarmuka Perangkat Lunak

menjelaskan koneksi antara perangkat lunak ini dengan komponen perangkat lunak tertentu lainnya (nama dan versi), termasuk database, sistem operasi, tools, libraries, dan komponen komersial yang terintegrasi. Tunjukkan item-item data atau pesan yang datang kepada sistem dan hasilnya dan gambaran dari penggunaan setiap hasil tersebut. Gambaran kebutuhan servis dan komunikasi. Menunjuk pada dokumen yang menguraikan detail pemrograman aplikasi interface protocol. Identifikasi data yang akan dibagi antar komponen perangkat lunak. Jika mekanisme pembagian data harus terimplementasi dengan cara yang khusus (contoh, penggunaan lingkungan data global sistem operasi multitasking), terutama batasan implementasinya.

Antarmuka Komunikasi

Menguraikan asosiasi kebutuhan dengan beberapa fungsi komunikasi yang dibutuhkan oleh perangkat lunak ini, termasuk e-mail, web browser, protokol komunikasi network server, forms elektronik, dan lain sebagainya. Identifikasi beberapa hal yang berhubungan dengan format message. Identifikasi bebrapa standart komunikasi yang akan digunakan, seperti FTP atau HTTP. Menetapkan keamanan komunikasi atau isu tentang encrypsi, kecepatan transfer data, dan mekanisme sinkronisasi.

4. Feature Sistem

Adalah bagian untuk mengilustrasikan kebutuhan fungsional perangkat lunak dengan mengelompokkan secara feature sistem, yaitu servis utama yang disediakan oleh perangkat lunak. Pengelompokan featur sistem pada bab ini sebaiknya dengan use case, jenis operasi, user class, object class, hirarki fungsionalitas atau kombinasinya, apapun yang membuat dapat lebih mengetahui tentang perangkat lunak tersebut.

5. Kebutuhan NonFungsional Lainnya

Kebutuhan Kinerja

Jika ada kebutuhan kinerja perangkat lunak yang kondisinya bervariasi, nyatakan dan terangkan dasar pemikirannya, agar dapat membantu pengembang dalam memahami tujuan dan pemilihan desain yang cocok. Terutama yang berhubungan dengan waktu untuk sistem real time. Buatlah kebutuhan yang sedemikian jelas dan mungkin. Pernyataan kebutuhan kinerja untuk satu kebutuhan fungsional atau feature.

Kebutuhan Keamanan

Spesifikasikan kebutuhan yang mementingkan kemungkinan hilang, rusak atau kesalahan akan hasil dari penggunaan perangkat lunak. Tentukan beberapa usaha perlindungan atau aksi yang harus dilakukan untuk mencegahnya. Tunjuklah beberapa kebijakan eksternal atau regulasi isu tentang keamanan yang mempengaruhi penggunaan dan desain perangkat lunak. Temukan beberapa setifikasi keamanan yang dapat memberikan kepuasan.

Kebutuhan Perlindungan Keamanan

Spesifikasikan kebutuhan yang concern pada keamanan atau isu privasi di sekitar penggunaan perangkat lunak atau proteksi oleh perangkat lunak pada penggunaan atau pembuatan data. Tentukan kebutuhan autentifikasi identitas pengguna. Tunjuklah beberapa kebijakan eksternal atau regulasi yang berisi isu-isu keamanan yang mempengaruhi penggunaan perangkat lunak. Temukan beberapa setifikasi keamanan atau privasi yang harus memuaskan.

Atribut Kualitas Perangkat Lunak

Spesifikasikan beberapa tambahan karakteristik kualitas dari perangkat lunak yang penting bagi pengguna atau pengembang. Pertimbangkan tentang adaptability, availability, correctness, flexibility, interoperability, maintainability, portability, reliability, reusability, robustness, testability dan usability. Tuliskan pertimbangan-pertimbangan tersebut agar menjadi spesifik, kuantitatif dan memungkinkan untuk diverifikasi. Setidaknya, klarifikasikan preferensi relatif dari variasi antribut, seperti lebih mudah menggunakannya dari pada mempelajarinya.

Aturan Penggunaan

Daftar beberapa prinsip pengoperasian perangkat lunak, seperti fungsi-fungsi yang dapat dilakukan seseorang pada situasi tertentu. Ingat, bukan untuk kebutuhan funsional, tetapi yang menyatakan beberapa kebutuhan fungsional tertentu sebagai sebuah aturan.

6. Kebutuhan Lain

Tentukan beberapa kebutuhan lain yang tidak tercover pada SKPL ini. Mungkin bisa termasuk kebutuhan database, kebutuhan menginternasionalisasikan, kebutuhan legal/hukum, penggunaan kembali pada sebuah proyek, dan sebagainya. Ditambah beberapa bagian yang relevan untuk SKPL tersebut.

Model Analisis

Dapat digambarkan dengan menggunakan model analisis seperti data flow diagram, class diagram, state-transition diagram, atau entity relationalship diagram.

Daftar Kebutuhan
Berisi daftar nomer-nomer kebutuhan yang dapat ditunjukkan pada SKPL, sehingga dapat ditelurusi asalnya.


Sekian artikel Modul Makalah tentang Spesifikasi, Fungsi, dan Ruang Lingkup Perangkat Lunak. Semoga bermanfaat.

Daftar Pustaka
  • Software Engineering, Ian Sommerville
  • Software Engineering, Roger S.Pressman
  • IEEE Std. 1233, 1998 Edition IEEE Guide for Developing System Requirements Specifications
  • IEEE, Software Requirements Engineering, Second Edition, IEEE Computer Society Press, 2002.
  • Bray, Ian K. An Introduction to Requirement Engineering, 1st published, Addison-Wesley, 2002
  • Kotonya, Gerald and Sommerville, Ian. Requirement Engineering: Processes and Techniques, John Wiley & Sons Ltd, 1998
Nikita Dini
Nikita Dini Blogger, Internet Marketer, Web Designer

Posting Komentar untuk "Spesifikasi, Fungsi, dan Ruang Lingkup Perangkat Lunak"