Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manajer dan Pengambilan Keputusan Serta Kerangka Kerja Penunjang Keputusan

Manajer dan Pengambilan Keputusan Serta Kerangka Kerja Penunjang Keputusan - Pada artikel ini akan dibahas mengenai Manajer, Manajerial, Manajemen, Manajer dan Pengambilan Keputusan, Decision Support System dan Prinsip Dasar DSS, serta Kerangka Kerja Penunjang Keputusan. Melalui artikel ini diharapkan dapat mengetahui mengenai Manajer, Manajerial, Manajemen, Manajer dan Pengambilan Keputusan, Decision Support System dan Prinsip Dasar DSS, serta Kerangka Kerja Penunjang Keputusan.

Manajer, Manajerial, Manajemen

Manajer

Manajer adalah seseorang yang mengarahkan orang lain dan bertanggung jawab atas pekerjaan tersebut. Pemimpin adalah mereka yang menggunakan wewenang formal untuk mengorganisasi, mengarahkan dan mengontrol para bawahan yang bertanggungjawab, supaya semua bagian pekerjaan dikoordinasi untuk mencapai tujuan perusahaan (Robert Tanembaum).
Tugas-tugas manajer :
  1. Siklus pengambilan keputusan, POSDC, penilaian dan pelaporan.
  2. Manajer harus dapat menciptakan kondisi yang akan membantu bawahannya mendapatkan kepuasan dalam pekerjaannya.
  3. Harus berusaha agar para bawahannya bersedia memikul tanggung jawab.
  4. Harus membina bawahannya agar dapat bekerja secara efektif dan efisien.
  5. Manajer harus membenahi fungsi-fungsi fundamental manajemen dengan baik.
  6. Manajer harus mewakili dan membina hubungan yang harmonis dengan pihak luar
Manajer dan Pengambilan Keputusan Serta Kerangka Kerja Penunjang Keputusan_
image source: ehealth.edu.au
baca juga: Sistem E-Business Perusahaan dan Prosedur Sistem Aplikasi

Manajerial

Manajerial adalah perpaduan seni dan ilmu, sebuah ilmu dalam mengatur segala sesuatunya dengan benar. Pelaku ilmu disebut dengan manajer. Seorang manajer haruslah menguasai ilmu manajerial dengan baik. Pada dasarnya, semua orang adalah seorang manajer, setidaknya manager bagi diri pribadi, atau Anda saat ini bekerja sebagai seorang manajer dimana Anda bertanggung jawab terhadap sekelompok orang yang mungkin tidak Anda pilih, tidak Anda sukai, tidak memiliki kesamaan , dan mungkin tidak begitu menyukai Anda. Lantas bagaimana cara sukses manajerial? Kuncinya adalah mengetahui aturan-aturan apa saja yang pasti menuntun saya, Anda, dan kita semua dalam meraih kesuksesan hidup. Aturan-aturan ini mencakup bagaimana Anda berhubungan dengan orang dan bagaimana Anda melakukan sendiri.

Definisi manajer menurut Havard Business School adalah orang yang “mendapatkan hasil melalui orang lain”. Lain lagi menurut konsultan Peter Drucker, manajer adalah orang yang bertanggung jawab untuk merencanakan, melaksanakan dan mengawasi. Sedangkan Australian Institute of Management, mendefinisikan sebagai orang yang “merencanakan, memimpin, mengordinasi, mendelegasikan, mengontrol, mengevaluasi, dan menganggarkan dalam rangka mencapai hasil”.
Apapun definisinya, semua merujuk pada satu pengertian yaitu mengolah kepemimpinan. Templar dalam bukunya membagi menjadi dua bab aturan penting yaitu aturan managerial pengelolaan tim dan aturan manajerial diri pribadi.

Manajemen

Manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan usaha-usaha para anggota organisasi dan penggunaan sumber daya-sumber daya organisasi lainnya agar mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan (James A.F Stoner, Management, Prentice/ Hall International, Inc., Englewood Cliffs, New York, 1982, halaman 8). Kata Manajemen berasal dari bahasa Prancis kuno ménagement, yang memiliki arti seni melaksanakan dan mengatur. Manajemen belum memiliki definisi yang mapan dan diterima secara universal. Mary Parker Follet, misalnya, mendefinisikan manajemen sebagai seni menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain. Definisi ini berarti bahwa seorang manajer bertugas mengatur dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi.
Sementara itu, Ricky W. Griffin mendefinisikan manajemen sebagai sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran (goals) secara efektif dan efesien.

Efektif berarti bahwa tujuan dapat dicapai sesuai dengan perencanaan, sementara efisien berarti bahwa tugas yang ada dilaksanakan secara benar, terorganisir, dan sesuai dengan jadwal; dalam berbagai bidang seperti industri, pendidikan, kesehatan, bisnis, finansial dan sebagainya. Dengan kata lain efektif menyangkut tujuan dan efisien menyangkut cara dan lamanya suatu proses mencapai tujuan tersebut.

Manajer dan Pengambilan Keputusan

DSS merupakan bagian dari sistem informasi berbasis komputer (termasuk sistem berbasis pengetahuan (manajemen pengetahuan). Sistem informasi sangat penting untuk mendukung proses pengambilan keputusan . Dimana system informasi mempunyai tujuan untuk mendukung sebuah aplikasi Decision Support System (DSS) yang telah dikembangkan pada tahun 1970. Keefektifan dalam mengembangkan DSS diperlukan suatu pemahaman tentang bagaimana system informasi ini dapat digunakan dalam proses pengambilan keputusan, sehingga DSS ini dapat membantu seorang manajer dalam meningkatkan kinerjanya dalam mengambil suatu keputusan.

Hal yang perlu ditekankan di sini adalah bahwa keberadaan DSS bukan untuk menggantikan tugas-tugas manajer, tetapi untuk menjadi sarana penunjang (tools) bagi mereka. DSS sebenarnya merupakan implementasi teori-teori pengambilan keputusan yang telah diperkenalkan oleh ilmu-ilmu seperti operation research dan management science. Hanya bedanya adalah bahwa jika dahulu untuk mencari penyelesaian masalah yang dihadapi harus dilakukan perhitungan iterasi secara manual (biasanya untuk mencari nilai minimum, maksimum, atau optimum), saat ini komputer PC telah menawarkan kemampuannya untuk menyelesaikan persoalan yang sama dalam waktu relatif singkat. Dalam kedua bidang ilmu di atas, dikenal istilah decision modeling, decision theory, dan decision analysis - yang pada hakekatnya adalah merepresentasikan permasalaha dan manaje-men yang dihadapi setiap hari ke dalam bentuk kuantitatif (misalnya dalam bentuk model matematika). Contoh-contoh klasik dari persoalan dalam bidang ini adalah linear programming, game's theory, transportation problem, inventory system, decision tree, dan lain sebagainya.

Dari sekian banyak problem klasik yang kerap dijumpai dalam aktivitas bisnis perusahaan sehari-hari, sebagian dapat dengan mudah disimulasikan dan diselesaikan dengan menggunakan formula atau rumus-rumus sederhana. Tetapi banyak pula masalahan yang ada sangat rumit sehingga membutuhkan kecanggihan komputer. Decision Support System ( DSS ) merupakan progresi alamiah dari system pelaporan informasi dan system pemrosesan transaksi. DSS bersifat interaktif, system informasi yang berbasis komputer yang menggunakan model keputusan dan secara khusus menggunakan database untuk membantu proses pengambilan keputusan bagi manajer dan pengguna akhir Informasi dihasilkan dalam bentuk laporan periodik dan khusus dan output dari model matematika dan sistem pakar.

Sprague dan Carlson mendefinisikan DSS dengan cukup baik, sebagai sistem yang memiliki lima karakteristik utama (Sprague et.al., 1993):
  1. Sistem yang berbasis komputer.
  2. Dipergunakan untuk membantu para pengambil keputusan;3) Untuk memecahkan masalah-masalah rumit yang "mustahil" dilakukan dengan kalkulasi manual.
  3. Melalui cara simulasi yang interaktif.
  4. Dimana data dan model analisis sebagai komponen utama.Karakteristik 4 dan 5 merupakan fasilitas baru yang ditawarkan oleh DSS belakangan ini sesuai dengean perkembangan terakhir kemajuan perangkat komputer.

Prinsip Dasar DSS
  1. Struktur MasalahSulit utk menemukan masalah yg sepenuhnya terstruktur atau tak terstruktur - area kelabu Simon. Ini berarti DSS diarahkan pada area tempat sebagai besar masalah berada.
  2. Dukungan KeputusanDSS tidak dimaksudkan untuk menggantikan manajer. Komputer dapat diterapkan pada bagian masalah yg terstruktur, tetapi manajer bertanggung ajwab atas bagian yang tidak terstruktur.
  3. Efektivitas Keputusanwaktu manajer berharga dan tidak boleh terbuang, tetapi manfaat utama menggunakan DSS adalah keputusan yg baik.

Tujuan DSS
  1. Membantu manajer membuat keputusan untuk memecahkan masalah semi struktur.
  2. Mendukung penilaian manajer bukan mencoba menggantikannya.
  3. Meningkatkan efektifitas pengambilan keputusan manajer daripada efisiensinya.

Perintis DSS yang lain, Peter G.W. Keen, bekerja sama dengan Scott Morton mendefinisikan 3 (tiga) tujuan yang harus dicapai DSS. Mereka percaya bahwa DSS harus dapat:
  1. Membantu manajer membuat keputusan untuk memecahkan masalah semi terstruktur2.
  2. Mendukung penilaian manajer bukan mencoba menggantikannya
  3. Meningkatkan efektifitas pengambilan keputusan manajer.

Keuntungan Dan Kerugian

Manajer yang menggunakan model matematis dapat memperoleh keuntungan sebagai berikut :
  1. Proses pemodelan menjadi pengalaman belajar.
  2. Kecepatan simulasi memberikan kemampuan bagi kita untuk mengevaluasi dampak keputusan dalam jangka waktu yang singkat.
  3. Model memberikan daya peramalan
  4. Model membutuhkan biyaya yang lebih murah daripada metode trial-and-error.
  5. Dapat menyelesaikan problem yang kompleks.
  6. Sistem dapat berinteraksi dengan pemakainya.
  7. Lebih cepat dengan hasil yang lebih baik (terutama dibandingkan dengan pengambilan keputusan secara intuisi).
  8. Menghasilkan acuan data untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi oleh manajer yang kurang berpengalaman.
  9. Untuk masalah yang berulang, DSS dapat memberi keputusan yang lebih efektif.
  10. Fasilitas untuk mengambil data dapat memberikan kesempatan bagi beberapa manajer untuk berkomunikasi dengan lebih baik.
  11. Meningkatkan produktivitas dan kontrol dari manajer.

Sedangkan kerugian model adalah sebagai berikut:
  1. Sulitnya pemodelan system bisnis dan akan menghasilkan model yang tidak dapat menangkap semua pengaruh pada entity.
  2. Dibutuhkan keterampilan matematika yang tinggi untuk menggembangkan model yang lebih kompleks secara pribadi.

Apa yang ditawarkan oleh Sistem Penunjang Keputusan
  • Perhitungan yang cepat dengan biaya rendah
  • Komunikasi dan kolaborasi antar kelompok
  • Meningkatkan Produktivitas
  • Keampuan mengakses informasi yang tersimpan dalam databases dan data warehouse
  • Kemampuan untuk menganalisa berbagai alternatif dan mengaplikasikan risk management
  • Enterprise resource management
  • Tool yang digunakan untuk mencapai dan mempertahankan keunggulan kompetitif.
Apa yang dimaksud dengan Produktivitas
  • Perbandingan antara output dan input yang mengukur tingkat keberhasilan suatu organisasi dan bagiannya.
  • Produktivitas = Output ( produk , jasa)
                                 Input(resources)

Yang melatar belakangi dibuatnya SPK yaitu Keterbatasan Kognitif
  • Otak manusia memiliki kemampuan yang terbatas dalam memproses dan menyimpan sesuatu.
  • Sehingga setiap manusia memiliki keterbatasan dalam membuat keputusan.
  • Berkolaborasi dengan orang lain memang memungkinkan adanya keputusan yang lebih baik, tetapi sering kali dihadapkan pada masalah komunikasi.
  • Komputer membantu mengkoordinasikan semua kegiatan ini.

Proses knowledge sharing ini ditingkatkan melalui penggunaan GSS (Group Support System), KMS (Knowledge Management System), dan EIS (Executive Information System).


Berikut ini adalah kerangka kerja penunjang keputusan.

Tabel 1 Kerangka Kerja SPK
Jenis Kontrol
Jenis Keputusan: Kontrol Operasional Kontrol Managerial Perencanaan Strategis
Structured Accounts receivable, accounts payable, order entry Budget analysis, short-term forecasting, personnel reports Investments, warehouse locations, distribution centers
(Programmed)
Semistructured Production scheduling, inventory control Credit evaluation, budget preparation, project scheduling, rewards systems Mergers and acquisitions, new product planning, compensation, Quality assurance, HR policy planning
Unstructured Buying software, approving loans, help desk Negotiations, recruitment, hardware purchasing R&D planning, technology development, social responsibility plans
(Unprogrammed)

Pada kerangka kerja SPK dapat kita perhatikan beberapa contoh faktor sebagai berikut:
  • Contoh masalah terstruktur pada level operasional => piutang, hutang, pemesanan
  • Contoh masalah terstruktur pada level manajerial => analisa biaya, perencanaan jangka pendek, pelaporan personil
  • Contoh masalah terstruktur pada level strategis => investasi, lokasi gudang, pusat distribusi
  • Contoh masalah semi terstruktur pada level operasional => penjadwalan produksi, kontrol pengadaan
  • Contoh masalah semi terstruktur pada level manajerial => evaluasi kredit, penyusunan anggaran, penjadwalan proyek, sistem reward
  • Contoh masalah semi terstruktur pada level strategis => merger dan akuisisi, perencanaan produk baru, kompensasi

Dan seterusnya.

Tabel 2 Teknologi untuk Proses Pengambilan Keputusan
Jenis Keputusan Dukungan Teknologi yang diperlukan
Structured MIS, Management Science Models, Transaction Processing
(Programmed)
Semistructured SS, KMS, GSS, CRM, SCDM
Unstructured GSS, KMS, ES, Neural networks
(Unprogrammed)

Tabel 3 Dukungan Teknologi Berdasarkan Anthony’s Taxonomy
Jenis Kontrol
Kontrol Operasional Kontrol Managerial Perencanaan Strategis
Dukungan Teknologi yang dibutuhkan MIS, Management Science Management Science, DSS, ES, EIS, SCM, CRM, GSS, SCM GSS, CRM, EIS, ES, neural networks, KMS

Management Sains/ Riset Operasional
  • Mengadopsi pendekatan yang sistematis
    • Mendefinisikan masalah, biasanya dilakukan pula perumusan masalah beserta dengan pembatasan masalahnya.
    • Mengklasifikasi kedalam kategori standar
    • Membuat model matematika, biasanya yang digunakan adalah persamaan linier atau yang biasa dikenal dengan linier programming.
    • Mengevaluasi beberapa alternatif solusi yang muncul sebagai hasil perhitungan dari model matematis.
    • Memilih solusi

Manajemen Sains atau Riset Operasi berkaitan dengan menentukan keputusan terbaik (optimum) dari suatu masalah di bawah kendala-kendala yang membatasi. Manajemen Sains menggunakan teknik-teknik matematika untuk mendapatkan keputusan optimum tersebut. Untuk itu, agar teknik-teknik matematika tersebut bisa diterapkan, maka masalah dan kendala-kendala yang membatasinya haruslah dalam bentuk model matematika.

Dalam manajemen sains, model matematika tersebut bisa berbentuk linear maupun non linear. Artinya, masalah dan kendala-kendala yang membatasinya berwujud perumusan matematika yang bersifat linear atau non linear. Pada pembahasan ini, kita hanya mempelajari manajemen sains yang terkait dengan model matematika yang berbentuk linear, yakni masalah dan kendala-kendala yang membatasi bersifat linear. Manajemen sains yang demikian biasa dikenal dengan pemrograman linear (Linear Programming), dan model matematikanya disebut dengan model pemrograman linear. Pada pembahasan ini, kita akan khusus membahas tentang pemrograman linear dan cara menyelesaikannya dengan menggunakan suatu metode yang biasa dikenal dengan nama metode simpleks.

Sistem Informasi Enterprise
  • Merupakan gabungan antara Executive Information Systems dengan teknologi Web.
  • Enterprise Information Portal menampilkan informasi lintas bagian dalam sebuah organisasi.
  • Menyediakan akses informasi detail yang cepat dengan cara mudah (drill-down).
  • Menyediakan user-friendly interfaces melalui portal.
  • Mengidentifikasi peluang dan ancaman.
  • Sistem khusus, meliputi ERM, ERP, CRM, dan SCM.
  • Menyediakan pengawasan dan penelusuran di tingkat perusahaan yang efektif dan tepat waktu.
  • Mem-filter, meng-compress, dan menelusuri data dan informasi penting.

Knowledge Management Systems.
  • Knowledge yang terorganisasi dan tersimpan dalam sebuah repository untuk dipergunakan dalam organisasi.
  • Dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah yang sama atau serupa dimasa yang akan datang.
  • ROI meningkat dalam satu atau dua tahun.

Sistem Pakar (Expert Systems)
  • Teknologi yang mengaplikasikan reasoning methodologies in a specific domain.
  • Attempts to mimic human experts’ problem solving.
  • Contoh:
    • Artificial Intelligence Systems
    • Artificial Neural Networks (neural computing)
    • Genetic Algorithms
    • Fuzzy Logic
    • Intelligent Agents

Sistem pakar merupakan salah satu bidang teknik kecerdasan buatan yang cukup diminati karena penerapannya diberbagai bidang baik bidang ilmu pengetahuan maupun bisnis yang terbukti sangat membantu dalam mengambil keputusan dan sangat luas penerapanya. Sistem pakar adalah suatu sistem komputer yang dirancang agar dapat melakukan penalaran seperti layaknya seorang pakar pada suatu bidang keahlian tertentu.

Hybrid Support Systems
  • Integrasi dari beberapa computer system tools untuk menyelesaikan masalah.
  • Setiap tool menjalankan tugas yang berbeda, tetapi saling mendukung satu sama lain.
  • Memberikan jawaban/solusi yang jauh lebih baik dan lebih cerdas.

Teknologi yang akan datang
  • Grid computing
  • Improved GUIs
  • Model-driven architectures with code reuse
  • M-based and L-based wireless computing
  • Intelligent agents
  • Genetic algorithms
  • Heuristics and new problem-solving techniques

Contoh beberapa implementasi Hybrid System
  • Air Conditioner(AC adalah suatu alat yang digunakan untuk mengkondisikan suhu dalam ruangan, dimana suhu ini akan diproses oleh AC, sehingga suhu yang dikeluarkan oleh AC dapat diatur menjadi lebih sejuk/nyaman)
  • Microwave(Microwave dapat diibaratkan seperti oven, dimana alat ini bekerja untuk memenaskan benda kerja. Saat Microwafe beroperasi maka suhu di dalamnya akan menjadi panas sesuai dengan setting suhu yang dapat disesuaikan untuk memanaskan benda kerja)
  • Kernel Hybrida(Kernel hibridamerupakan arsitektur kernelyang menggabungkan aspek-aspek yang terdapat pada mikro kerneldankernel monolitikdalam pengembangan perangkat lunak sistem operasi. Pengkategorian kernel hibrid dipandang kontroversial karena karakteristiknya yang sangat mirip dengan karakteristik kernel monolitik pengkategorian kernel hibrid hanya sebatas diferensiasi untuk tujuan pemasaran)
  • Hidroelektrisitas(Hidroelektrisitasadalah satu bentuktenaga hydrodigunakan untuk memproduksi listrik. Kebanyakan tenaga hidroelektrik berasal darienergi potensialdari air yang dibendung dan menggerakkanturbin airdangenerator. Bentuk yang kurang umum adalah memanfaatkan energi kinetiksepertitenaga ombak. Hidroelektrisitas adalah sumberenergi terbaharui)
  • Pendeteksi Sidik Jari(Alat ini digunakan untuk mendeteksi sidik jari seseorang, saat jari ditempelkan pada alat ini maka sensor di dalamnya akan merekam gambar sidik jari tersebut yang kemudian akan di proses ke dalam suatu memori penyimpan data)

Enterprise Resource Planning

Secara garis besar, ERP bisa digambarkan sebagai sebuah sistem informasi perusahaan yang dirancang untuk mengkoordinasikan semua sumber daya, informasi dan aktifitas yang diperlukan untuk proses bisnis lengkap. Dari semua pengembangan teknologi sistem informasi dewasa ini, satu sistem informasi yang di rancang untuk mendukung keseluruhan unit fungsional dari perusahaan adalah Enterprise Resource Planning atau ERP. ERP adalah suatu paket piranti lunak (software) yang dapat memenuhi kebutuhan suatu perusahaan dalam mengintegrasikan keseluruhan aktivitasnya, dari sudut pandang proses bisnis di dalam perusahaan atau organisasi tersebut. Secara implisit ERP bukan hanya suatu software semata, namun merupakan suatu solusi terhadap permasalahan informasi dalam organisasi. Enterprise Resource Planning (ERP) dapat didefinisikan sebagai aplikasi sistem informasi berbasis komputer yang dirancang untuk menyediakan fasilitas perencanaan, produksi dan pelayanan yang real-time dan terintegrasi. Integrasi yang dimaksud adalah menggabungkan berbagai kebutuhan pada satu software dalam satu logical database, sehingga memudahkan semua departemen berbagi informasi dan berkomunikasi.

Customer Relationship Management

CRM kependekan dari Customer Relationship Management. Dalam bahasa indonesia dapat kita artikan sebagai Manajemen Hubungan Pelanggan. Merupakan strategi pemasaran yang saat ini marak dilakukan oleh perusahaan-perusahaan yang menginginkan pelanggan / konsumen mereka tetap membeli produk / memakai jasa mereka.

Dalam perkembangannya, CRM bisa didefinisikan sebagai berikut :
  • CRM adalah sebuah istilah industri TI untuk metodologi, strategi, perangkat lunak (software) dan atau aplikasi berbasis web yang mampu membantu sebuah perusahaan untuk mengelola hubungannya dengan para pelanggan.
  • CRM adalah usaha sebuah perusahaan untuk berkonsentrasi menjaga pelanggan dengan mengumpulkan segala bentuk interaksi pelanggan baik itu lewat telepon, e-mail, masukan di situs atau hasil pembicaraan dengan staf sales dan marketing.
  • CRM adalah sebuah strategi bisnis menyeluruh dalam suatu perusahaan yang memungkinkan perusahaan tersebut secara efektif bisa mengelola hubungan dengan para pelanggan.

Sekian artikel tentang Manajer dan Pengambilan Keputusan Serta Kerangka Kerja Penunjang Keputusan. Semoga bermanfaat.

Daftar Pustaka
  1. Turban, Effraim. Decision Support System and Business Intellegence. 9th Edition. Presntice Hall. 2011.
  2. Hasan, Iqbal. Pokok – Pokok Materi Teori Pengambilan Keputusan. Ghalia Indonesia. 2002.
  3. http://www.scribd.com/doc/13564609/Makalah-Pengambilan-Keputusan.
  4. http://www.scribd.com/doc/39576522/Peranan-Manajer-Dalam-Proses-Pengambilan-Keputusan.
Nikita Dini
Nikita Dini Blogger, Internet Marketer, Web Designer

Posting Komentar untuk "Manajer dan Pengambilan Keputusan Serta Kerangka Kerja Penunjang Keputusan"