Selasa, 10 Januari 2017

Sistem Komputer: Pengguna Akhir dan Komputasi Perusahaan

Sistem Komputer: Pengguna Akhir dan Komputasi Perusahaan - Piranti keras system informasi untuk pemakai akhir dan komputeasi perusahaan, peripheral computer yang terdiri dari piranti masukan, piranti keluaran, dan piranti penyimpanan. Melalui artikel ini diharapkan mampu mengidentifikasikan perkembangan dan tren utama dalam industry, teknologi dan aplikasi bisnis telekomunikasi dan teknologi internet. Serta mampu menjelaskan teknologi utama dan kegunaan peripheral computer untuk input, output, dan penyimpanan.

Sistem Komputer: Pengguna Akhir dan Komputasi Perusahaan

Komputer adalah suatu sistem teridiri dari input, proses, output, penyimpanan, dan komponen kontrol. Pada bagian ini. Kita akan membahas sejarah, tren, aplikasi, dan beberapa konsep dasar dari berbagai jenis sistem komputer yang digunakan saat ini. Dalam Bagian II, kita akan membahas perubahan teknologi input, output, dan penyimpanan yang disediakan oleh perangkat periferal yang merupakan bagian dari sistem komputer modern.

Dewasa ini kita menyaksikan perubahan teknologi yang cepat dalam skala yang luas. Namun, berabad-abad silam sebelum teknologi cukup maju untuk pengembangkan komputer, peran teknologi sederhana tersebut memiliki sumbangsih untuk kemajuan teknolgi di eranya. Berikut adalah ulasan sejarah dan evolusi kontribusi teknologi hingga terciptanya computer.

Sistem Komputer: Pengguna Akhir dan Komputasi Perusahaan_
image source: www.reference.com
baca juga:
Pada awalnya, manusia menggunakan jari tangan dan jari kaki untuk melakukan kegiatan matematika dasar. Kemudian nenek moyang kita menyadari bahwa dengan menggunakan beberapa objek untuk mewakili digit, mereka bisa melakukan perhitungan lebih banyak dari jumlah jari mereka sendiri. Manusia gua menggerahkan koloninya beserta beberapa objek bantu seperti tongkat, batu untuk melakukan kegiatan perhitungan/ fungsi akuntansi. Hal ini menciptakan sebuah gambaran yang unik namun akurat untuk memastikan adanya evolusi manusia terhadap pemikiran perhitungan angka.
Kata menghitung berasal dari kalkulus, dalam bahasa latin yang berarti "batu kecil," menunjukkan bahwa kerikil atau manik-manik yang disusun membentuk sempoa, merupakan alat buatan pertama untuk kepentingan komputasi. Dengan memindahkan manik-manik yang telah tersusun, mempermudah manusia dalam menyelesaikan perhitungan matematika.

Blaise Pascal, seorang matematikawan Perancis, menemukan mesin penambah mekanis pertama pada 1642. Mesin penambahan ini mengadopsi prinsip-prinsip sempoa tapi tanpa menggunakan tangan untuk memindahkan manik-manik. Mesin yang diciptakan pascal menggunakan roda untuk menggerakkan bagian penghitung jumlah/ counter. Prinsip mesin Pascal masih digunakan hingga saat ini, seperti pada counter tape recorder dan odometers. Pada 1674, Gottfried Wilhelm von Leibniz memperbaiki mesin Pascal sehingga mesin dapat melakukan operasi matematika penambahan dan pengurangan.

Ketika era industrialisasi menyebar ke seluruh Eropa, mesin menjadi perlengkapan utama dalam sector pertanian dan produksi. Sebuah penemuan yang membuat perubahan besar dalam sejarah industrialisasi, serta dalam sejarah komputasi, adalah alat tenun mekanis, ditemukan oleh seorang Prancis bernama Joseph Jacquard. Dengan penggunaan punch card yang berlubang-lubang, adalah memungkinan alat tenun Jacquard untuk membuat motif tenunan dalam berbagai pola. Alat tenun Jacquard dikendalikan oleh program dikodekan dengan punch card. Operator cukup menciptakan program/ model sekali, dan mampu diduplikat berkali-kali dengan konsisten dan akurat.

Ide penggunaan punch card untuk menyimpan pola yang telah ditentukan pada alat tenun dikembangkan lebih lanjut oleh Charles Babbage, seorang matematikawan Inggris yang hidup pada abad ke-19. Ia membayangkan sebuah mesin yang bisa melakukan semua perhitungan matematis, menyimpan nilai dalam memori, dan melakukan perbandingan logika antar nilai-nilai tersebut. Dia menyebutnya Analytical Engine. Sayangnya mesin analitis Babbage ini tidak pernah dibangun Karena kekurangan satu hal yakni elektronik. Herman Hollerith akhirnya mengadaptasi prinsip konsep kartu punched untuk merekam data sensus di akhir 1880-an. Data Sensus dijabarkan dalam serangkaian lubang dalam kartu punched untuk mewakili digit dan huruf-huruf alfabet. Kartu ini kemudian dilewatkan melalui suatu mesin dengan arus listriknya putus/ sambung (off/on) yang bergantung pada keberadaan lubang pada kartu punched tersebut. Kombinasi off / on dicatat oleh mesin yang mencerminkan hasil tabulasi sensus. Mesin Hollerith sangat sukses, mampu menurunkan dua pertiga waktu yang dibutuhkan untuk tabulasi hasil sensus, mein ini menguntungkan perusahaan yang memproduksi mesin Hollerith. Pada tahun 1911, perusahaan ini merger dengan pesaingnya dengan membentuk International Business Machines (IBM).

ENIAC (Electronic Numerical Integrator dan Komputer) merupakan komputer digital elektronik pertama. Selesai dibangun pada tahun 1946 di Moore School of Electrical Engineering dari University of Pennsylvania. Dengan tidak adanya bagian dapat dipindahkan, ENIAC diprogram dan memiliki kemampuan untuk menyimpan perhitungan masalah dengan menggunakan tabung hampa (sekitar 18.000).

Komputer yang menggunakan teknologi tabung hampa disebut sebagi komputer generasi pertama. ENIAC dapat menghitung penambahkan dalam 0,2 dari milidetik, atau sekitar 5.000 perhitungan per detik. Kelemahan utama dari ENIAC adalah ukuran dan kemampuan pemrosesan. ENIAC memiliki ukuran lebih dari 1.500 meter persegi luas lantai dan hanya bisa menjalankan program satu per satu. Selain itu, ENIAC membutuhkan daya yang besar untuk menjalankan mesin dan memproses logika komputasi.

Gambar berikut menunjukkan kompleksnya ENIAC.
Sistem Komputer: Pengguna Akhir dan Komputasi Perusahaan 2_
ENIAC
Pada tahun 1950, Remington Rand memproduksi UNIVAC I (Universal Automatic Calculator). UNIVAC I dapat menghitung dengan kecepatan 10.000 penambahan per detik. Pada tahun 1957, IBM mengembangkan IBM 704, yang dapat melakukan 100.000 kalkulasi per detik.

Pada akhir 1950-an, transistor diciptakan dan dengan cepat menggantikan ribuan tabung hampa yang digunakan dalam komputer elektronik. Sebuah komputer berbasis transistor dapat melakukan 200,000-250,000 kalkulasi per detik. Komputer yang menggunakan transistor merupakan generasi kedua komputer. Tidak sampai pertengahan 1960-an generasi ketiga komputer muncul yan ditandai oleh teknologi solid state dan sirkuit terpadu serta dengan miniaturisasi.

Tidak ada sejarah komputasi elektronik akan lengkap tanpa mengakui Jack Kilby. Kilby adalah seorang pemenang Hadiah Nobel dalam fisika pada tahun 2000 untuk penemuan rangkaian terpadu pada tahun 1958 saat ia bekerja di Texas Instruments (TI). Ia juga penemu kalkulator genggam dan printer termal. Tanpa karyanya yang dipatenkan untuk sebuah "Circuit padat yang terbuat dari Germanium," dunia saat ini, dan pasti teknologi komputer masa kini, akan jauh berbeda dan lebih tidak produktif dari yang kita nikmati sekarang.

Pada tahun 1971, generasi keempat dari komputer ditandai dengan miniaturisasi lebih lanjut dengan integrated sirkuit, meningkatnya multiprogramming, dan memori penyimpanan virtual. Pada 1980-an, generasi kelima komputer dioperasikan dengan kecepatan 3-5 juta kalkulasi per detik (untuk skala komputer kecil) dan 10-15 juta instruksi per detik (untuk skala komputer besar).

Era mikrokomputer dimulai pada 1975 ketika sebuah perusahaan bernama MITS memperkenalkan Altair 8800. Komputer itu diprogram dengan menjentikkan switch di bagian depan. Switch tersebut adalah suatu alat yang harus disolder bersama. Altair 8800 tidak memiliki program perangkat lunak, namun merupakan komputer pribadi yang tersedia bagi konsumennya dengan hanya beberapa ribu dolar saja, yang mana ketika itu sebagian perusahaan komputer memasang harga puluhan ribu dolar.

Pada tahun 1977 Commodore dan Radio Shack mengumumkan bahwa mereka akan membuat komputer pribadi. Mereka melakukannya bersama dengan Steve Jobs dan Steve Wozniak, yang menciptakan komputer buatan mereka sendiri di garasi ketika sedang belajar di perguruan tinggi. Produksi massal dari Apple dimulai tahun 1979, dan pada akhir 1981, penjualan computer mereka adalah yang tercepat dari semua komputer pribadi. Pada bulan Agustus 1982 IBM PC lahir, dan banyak orang berpendapat bahwa dunia akan berubah karenanya.

Seiring dengan perkembangan komputer pribadi pada awal tahun 1980, muncullah pengetahuan tentang jaringan komputer diperoleh dari komputasi dan dikombinasikan dengan teknologi baru yang inovatif untuk menciptakan jaringan pengguna, komputer, dan data yang ada dapat dipertukarkan hampir keseluruh dunia dengan menggunakan internet.

Jenis Sistem Komputer

Sistem komputer saat ini terdiri dari berbagai ukuran, bentuk, dan kemampuan komputasi. Perkembangan yang cepat dari perangkat keras dan perangkat lunak serta perubahan kebutuhan pengguna akhir terus mendorong munculnya model baru dari komputer, dari ukuran yang terkecil berupa personal digital asisten / kombinasi telepon selular hingga ukuran terbesar seperti CPU mainframe di perusahaan.

Jenis Sistem Komputer_

Kategori seperti mainframe, midrange, dan sistem komputer mikro masih digunakan untuk membantu kita mengekspresikan kekuatan pemrosesan dan jumlah pengguna akhir yang dapat didukung oleh berbagai jenis komputer. Ini bukan klasifikasi yang tepat, dan mereka saling tumpang tindih. Dengan demikian, nama lain yang biasa diberikan untuk menyoroti kegunaan utama dari jenis tertentu dari komputer. Contohnya termasuk komputer pribadi, server jaringan, komputer jaringan, dan stasiun kerja teknis.

Selain itu, para ahli terus memprediksi penggabungan atau menghilangkan beberapa kategori komputer. Mereka merasa, misalnya, bahwa banyak midrange dan mainframe sistem diklasifikasikan oleh kekuatan dan fleksibilitas dari jaringan terdiri dari mikrokomputer dan server. Pakar industri lainnya telah meramalkan bahwa munculnya jaringan komputer dan peralatan informasi untuk aplikasi di Internet dan intranet perusahaan akan mengganti komputer pribadi, terutama dalam organisasi besar dan di pasar komputer rumah. Yang lain menyarankan bahwa konsep Nanocomputers (komputasi perangkat yang lebih kecil dari mikro) akhirnya akan menyerap seluruh pemahaman kita tentang komputasi personal. Hanya waktu yang akan mengatakan apakah prediksi tersebut akan sama dengan harapan peramal industri.

Microcomputer Sistem

Pusat seluruh daya tarik dalam komputasi telah bergeser. Untuk jutaan konsumen dan pengguna bisnis, fungsi utama dari PC desktop adalah sebagai jendela ke Internet. Komputer sekarang merupakan perangkat komunikasi, dan konsumen ingin mereka menjadi semurah mungkin. Microcomputers adalah kategori yang paling penting dari sistem komputer untuk pebisnis dan konsumen perorangan. Meskipun biasanya disebut komputer pribadi, atau PC,
mikrokomputer melebihi dari sebuah komputer kecil untuk digunakan oleh individu sebagai perangkat komunikasi. Kekuatan komputasi mikrokomputer sekarang melebihi dari mainframe generasi komputer sebelumnya, dan jauh lebih murah. Dengan demikian, microcomputer telah menjadi workstation profesional dengan jaringan yang kuat untuk profesional bisnis.

Pertimbangkan daya komputasi pada pesawat ruang angkasa Apollo 11. Tentu saja pendaratan manusia di bulan dan kembali dengan aman ke bumi merupakan prestasi luar biasa. Komputer yang membantu mereka dalam segala hal dari navigasi untuk pemantauan sistem juga luar biasa. Apollo 11 memiliki CPU 2,048 MHz yang dibangun oleh MIT. Standar saat ini dapat diukur dalam 4GHz di mayoritas PC rumah (MHz adalah siklus komputasi 1 juta per detik dan GHz adalah siklus komputasi 1 miliar per detik). Selain itu, adalah sebuah kemajuan yang fantastis, komputer Apollo 11 beratnya 70 pon dibandingkan dengan berat laptop saat ini yang hanya berbobot 1 pon.

Microcomputer Sistem_

Microcomputer Sistem 2_

Mikrokomputer datang dalam berbagai ukuran dan bentuk untuk berbagai tujuan. Sebagai contohnya, PC genggam, notebook, laptop, tablet, portable, desktop, dan lain-lain. Atau, berdasarkan penggunaannya, termasuk komputer rumah, pribadi, profesional, workstation, dan multiuser. Mikrokomputer Kebanyakan berupa desktop yang dirancang untuk diletakkan di sebuah meja kantor atau laptop untuk mereka yang menginginkan PC yang lebih kecil ukurannya dan portabel. Beberapa mikrokomputer adalah komputer workstation (workstation teknis) yang mendukung aplikasi dengan komputasi matematika rumit dan tuntutan tampilan grafis, seperti desain dibantu komputer (CAD) dalam rekayasa atau investasi dan portofolio analisis di industri sekuritas. Mikrokomputer lain digunakan sebagai server jaringan. Mikrokomputer yang lebih handal digunakan untuk mengkoordinasikan telekomunikasi dan berbagi sumber daya di jaringan area lokal (LAN) dan di Internet serta situs Web intranet.

Mikrokomputer yang lebih handal digunakan untuk mengkoordinasikan telekomunikasi dan berbagi sumber daya di jaringan area lokal (LAN) dan di Internet serta situs Web intranet._

Komputer Terminal

Komputer terminal, adalah setiap perangkat yang memungkinkan akses ke komputer, melakukan konversi ke perangkat komputer jaringan. Dumb terminal, seperti keyboard/ monitor video dengan kemampuan pemrosesan yang terbatas, yang mulai di gantikan dengan terminal cerdas dan dimodifikasi dalam jaringan komputer. Terminal jaringan juga diikutsertakan, seperti misalnya Windows terminal yang bergantung pada server jaringan untuk perangkat lunak Windows, kekuatan pemrosesan, dan penyimpanan, atau terminal internet, yang tergantung pada Internet atau Web server intranet situs untuk sistem operasi dan software aplikasi.

Terminal cerdas terdiri dari banyak bentuk dan dapat melakukan entri data dan tugas-tugas pengolahan informasi secara independen. Penggunaan luas dari terminal ini seperti untuk transaksi di bank, toko retail, pabrik, dan lokasi kerja lainnya. Contohnya adalah anjungan tunai mandiri (ATM), perekam produksi di pabrik, kios check-in di bandara, dan terminal ritel point-of-sale (POS). Terminal cerdas ini menggunakan keypad, layar sentuh, scanner barcode, dan metode input lainnya untuk menangkap data dan berinteraksi dengan pengguna akhir selama transaksi, berhubungan degan komputer server atau komputer lain dalam jaringan untuk proses transaksi lainnya.

Jaringan Komputer

Jaringan komputer (NCS) adalah kategori komputer mikro yang dirancang terutama untuk penggunaan internet dan intranet perusahaan untuk pekerja administrasi, karyawan operasional, dan pekerja pengetahuan dengan aplikasi komputasi khusus. NCS harganya relatif murah, mikrokomputer tertutup dengan media penyimpanan disk minim yang terhubung ke jaringan. Pengguna NCS sangat tergantung pada server jaringan untuk sistem operasi dan browser Web, perangkat lunak aplikasi, dan data akses serta media penyimpanan.

Salah satu keunggulan utama jaringan computer adalah TCO yang lebih rendah (total biaya kepemilikan), yaitu, total dari semua biaya yang terkait dengan pembelian, pemasangan, pengoperasian, dan pemeliharaan komputer. Upgrade, pemeliharaan, dan biaya pendukung jauh lebih murah dibandingkan dengan fitur lengkap PC. Manfaat lainnya untuk bisnis adalah kemudahan distribusi perangkat lunak dan perizinan, standardisasi platform komputasi, mengurangi dukungan pengguna akhir, dan pengelolaan ditingkatkan melalui manajemen terpusat dan kontrol sumber daya jaringan komputer keseluruhan perusahaan.

Peralatan Informasi

PC bukanlah satu-satunya pilihan: Sejumlah gadget cerdas dan peralatan-informasi dari telepon selular, pager hingga PC genggam dan mesin game berbasis web, ketersediaan akses internet dan kemampuan untuk melakukan tugas-tugas komputasi dasar.


Perangkat komputer genggam mikro yang dikenal sebagai asisten pribadi digital (PDA) adalah beberapa perangkat yang paling populer dalam kategori alat informasi. PDA dengan dukungan web menggunakan layar sentuh, menggunakan pena khusus untuk menulis, atau keypad sehingga pekerja mobile dapat mengirim dan menerima e-mail, akses Web, dan melakukan pertukaran informasi seperti perjanjian, list kerja, dan kontrak penjualan dengan menggunakan PC desktop atau Web server.

Tren saat ini untuk teknologi PDA adalah BlackBerry RIM,berukuran kecil, dapat melakukan semua fungsi PDA umum, dapat digunakan sebagai telepon. BlackBerry bahkan tidak memiliki antena yang terlihat. Ketika pengguna ingin mengirim atau membalas e-mail, keyboard kecil pada perangkat memungkinkan untuk menggetikkan teks. Sama seperti telepon seluler, BlackBerry dirancang untuk tetap dan terus menerus tersambung ke jaringan nirkabel, yang memungkinkan pengiriman email secara real-time. Selanjutnya, karena BlackBerry menggunakan jaringan yang sama dengan sebagian besar layanan telepon seluler, unit dapat digunakan di mana saja.

Sebuah pendatang relatif baru di bidang ini (meskipun mendapatkan nikmat di pesat) adalah Apple iPhone. iPhone pada dasarnya merupakan kombinasi tiga produk-ponsel revolusioner, sebuah layar lebar iPod musik dan pemutar video dengan kontrol sentuh, dan sebuah terobosan perangkat komunikasi Internet dengan kelas desktop, e-mail, Web browsing, peta, dan mesin pencarian- menjadi satu dengan ukuran yang kecil, ringan,vmerupakan perangkat yang dapat digenggam. iPhone juga memperkenalkan sebuah antarmuka pengguna yang dengan layar yang lebih lebar, tampilan yang multitouch, merupakan software baru yang memungkinkan pengguna melakukan pengontrolan hanya dengan menggunakan jari.

Sistem Skala Menengah (Midrange System)

Sistem skala menengahadalah jenis server jaringan high-end dan jenis-jenis server lain yang dapat menangani pengolahan aplikasi bisnis skala besar. Meskipun tidak sekuat komputer mainframe, harganya lebih murah, lebih mudah dioperasikan dan dipelihara dibanding dengan mainframe, sehingga dapat memenuhi kebutuhan komputasi organisasi.

Sistem Skala Menengah (Midrange System)_

Sistem skala menengah populer sebagai server jaringan yang kuat (komputer yang digunakan untuk mengkoordinasikan komunikasi dan mengelola berbagi sumber daya dalam pengaturan jaringan) untuk membantu mengelola situs Web Internet yang besar, intranet perusahaan dan ekstranet, dan jaringan lainnya. Fungsi internet dan aplikasi lainnya dikenal sebagai aplikasi high-end server, terintegrasi dengan manufaktur perusahaan, distribusi, dan aplikasi keuangan. Aplikasi lain, seperti data manajemen gudang, data mining, dan pengolahan analisis online berkontribusi pada permintaan untuk sistem high-end server.

Sistem midrange pertama kali menjadi populer sebagai minicomputer untuk penelitian ilmiah, sistem instrumentasi, analisis teknik, dan pemantauan proses industri dan kontrol. Minicomputer dapat dengan mudah menangani penggunaan tersebut karena aplikasi ini sempit ruang lingkupnya dan tidak menuntut fleksibilitas pengolahan seperti sistem mainframe. Hari ini, sistem midrange termasuk server yang digunakan pada proses industry, kontrol manufaktur dan proses industri serta memainkan peran utama dalam komputer-aided manufacturing (CAM). Juga dapat digunakan untuk membuat deain dengan komputer (CAD) dan aplikasi grafis lainnya yang intensif. Sistem midrange juga digunakan sebagai front-end server untuk membantu komputer mainframe dalam pengolahan telekomunikasi dan management sistem jaringan.

Sistem komputer mainframe (mainframe computer system)

Sistem mainframe berukuran besar, sistem komputer yang cepat, dan kuat. Misalnya, mainframe dapat memproses ribuan juta instruksi per detik (MIPS). Mainframe juga dapat memiliki kapasitas penyimpanan utama yang besar. Kapasitas memori utama mereka dapat berkisar dari ratusan gigabyte hingga terabyte penyimpanan primer. Mainframe telah banyak mengalami perubahan drastis dalam beberapa tahun terakhir, seperti berkurangnya kebutuhan pendingin ruangan, konsumsi daya listrik, dan persyaratan lantai ruang mainframe, hingga biaya perolehan dan biaya operasional. Sebagian besar perbaikan ini adalah hasil dari langkah perubahan teknologi water cooled ke teknologi air cooled.

Dengan demikian, komputer mainframe menangani kebutuhan pengolahan informasi dari perusahaan beskala besar dan instansi pemerintah dengan volume pemrosesan transaksi yang tinggi atau masalah komputasi yang kompleks. Sebagai contoh, bank-bank besar internasional, maskapai penerbangan, perusahaan minyak, dan jutaan proses transaksi penjualan di perusahaan besar serta menampung dan menjawab pelanggan setiap hari. Mainframe masih digunakan untuk aplikasi perhitungan-intensif, seperti menganalisis data seismik dari eksplorasi ladang minyak atau mensimulasikan kondisi penerbangan dalam merancang pesawat.Mainframe juga banyak digunakan sebagai superservers untuk klien/ server jaringan besar dengan volume tinggi dari situs Web Internet perusahaan besar. Seperti disebutkan sebelumnya, mainframe menjadi sebuah platform komputasi bisnis populer untuk data mining dan pergudangan, serta aplikasi perdagangan elektronik.

Komputer Super (super computer)

Istilah super komputer menggambarkan kategori sistem komputer sangat kuat yang khusus dirancang untuk aplikasi ilmiah, teknik, dan bisnis yang membutuhkan kecepatan yang sangat tinggi untuk perhitungan numerik skala besar. Pasar untuk superkomputer meliputi lembaga penelitian pemerintah, universitas besar, dan perusahaan besar. Mereka menggunakan superkomputer untuk aplikasi seperti peramalan cuaca global, sistem pertahanan militer, komputasi kosmologi dan astronomi, penelitian dan desain mikroprosesor, dan data mining skala besar.

Superkomputer menggunakan pengolahan paralel arsitektur mikroprosesor yang saling berhubungan (yang dapat mengeksekusi banyak instruksi pada saat yang sama secara paralel). Mereka bisa dengan mudah melakukan perhitungan aritmatika dengan kecepatan miliaran operasi floating-point per detik (gigaflops). Superkomputer yang sekarang digunakan dapat menghitung di teraflops (triliunan operasi floatingpoint per detik), yang menggunakan paralel yang sangat besar (MPP) memiliki desain dengan seribu mikroprosesor. Harga superkomputer berada di kisaran $ 5 juta hingga $ 50 juta.

Penggunaan Symmetric Multiprocessing (SMP) dan memory yang didistribusi (DSM) dibuat dari sejumlah kecil mikroprosesor yang saling berhubungan telah melahirkan keturunan dari minisupercomputers dengan harga yang dimulai pada ratusan ribu dolar. Sebagai contoh, IBM RS/6000 sistem SP dimulai pada $ 150.000 untuk sebuah node pemrosesan komputer SMP. Namun, dapat diperluas ke ratusan node pengolahan, tetapi dengan harga yang mencapai puluhan juta dolar.

Gelombang Berikutnya dari teknologi computer

Gelombang berikutnya adalah pemanfaatan dalam jumlah tak terbatas dari daya komputasi yang tidak terpakai padaberbagai desktop dan laptop dalam organisasi modern. Distribusi atau komputasi grid pada umumnya adalah tipe khusus dari komputasi paralel yang mengandalkan komputer lengkap (dengan CPU onboard, penyimpanan, power supply, antarmuka jaringan, dan sebagainya) yang terhubung ke jaringan (swasta, publik, atau Internet) dengan antarmuka jaringan konvensional. Hal ini berbeda dengan gagasan tradisional sebuah superkomputer, yang memiliki banyak prosesor dihubungkan bersama dalam satu mesin. Grid dapat dibentuk dengan memanfaatkan kekuatan CPU yang tidak digunakan di semua desktop dan laptop dalam satu divisi dari perusahaan (atau dalam seluruh perusahaan).

Keuntungan utama dari komputasi terdistribusi adalah bahwa setiap node dapat terdiri dari perangkat keras komoditas yang tidak terlalu mahal, namun ketika digabungkan, dapat menghasilkan sumber daya komputasi yang mirip dengan sebuah superkomputer dengan multiprosesor, tetapi dengan biaya yang jauh lebih rendah. Hal ini mengacu pada efisiensi desktop dan laptop, dibandingkan dengan efisiensi yang lebih rendah dari merancang dan membangun sejumlah kecil superkomputer khusus. Salah satu fitur dari grid yang didistribusikan adalah bahwa mereka dapat dibentuk dari sumber daya komputasi milik beberapa individu atau organisasi (dikenal sebagai domain administratif). Hal ini dapat memfasilitasi transaksi komersial atau membuatnya lebih mudah untuk merakit komputasi jaringan.

Kelemahan dari fitur ini adalah bahwa perhitungan yang dilakukan oleh komputer tidak sepenuhnya dapat dipercaya. Oleh karenanya, para desainer harus memperkenalkan tindakan untuk mencegah kerusakan atau masukan berbahaya yang dapat memproduksi hasil yang salah, menyesatkan, atau menggunakan sistem sebagai platform untuk upaya hacking. Ini sering kali melibatkan penugasan kerja secara acak untuk node yang berbeda (mungkin dengan pemilik yang berbeda) dan memeriksa bahwa setidaknya dua node yang berbeda melaporkan jawaban yang sama untuk unit kerja tertentu. Perbedaan akan mengidentifikasi rusak dan node berbahaya.

Tantangan lain adalah bahwa karena kurangnya kontrol pusat terhadap perangkat keras, sehingga tidak dapat dijamin jaringan tidak terintrupsi pada waktu tertentu. Beberapa node (seperti laptop atau dial-up pelanggan internet) juga mungkin tersedia untuk perhitungan tetapi tidak untuk komunikasi jaringan untuk waktu yang tak terduga. Variasi ini dapat diakomodasi dengan menetapkan unit kerja yang besar (sehingga mengurangi kebutuhan untuk konektivitas jaringan kontinu) dan pemindahan unit kerja ketika sebuah node yang melaporkan hasil yang tidak diharapkan.

Sekian artikel tentang Sistem Komputer: Pengguna Akhir dan Komputasi Perusahaan. Semoga bermanfaat.

Daftar Pustaka

  • O’Brien, James.A. (2005). Introduction to Information System. 12th Edition. McGraw-Hill. Singapore
  • Whiteley, David. (2000). E-Commerce: Strategy, Technologies and Applications. International Edition. McGraw-Hill. Singapore
  • Glover, Steven M., Liddle, Stephen W., Prowitt, Douglas F. (2003). E-Business: Principles and Strategies for Accountants. 2nd Edition. Prentice Hall. New Jersey
  • O’Brien Intoduction to Information System 15 ed, Mc Graw Hill, 2010

Terimakasih sudah membaca artikel di situs ini, silahkan tinggalkan komentar dan pertanyaan..
EmoticonEmoticon

Please enable / Bitte aktiviere JavaScript!
Veuillez activer / Por favor activa el Javascript![ ? ]