Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Arti Peluang dan Inspirasi Usaha & Faktor Keberhasilan Usaha

Arti Peluang dan Inspirasi Usaha & Faktor Keberhasilan Usaha - Peluang dalam bahasa Inggris adalah opportunity yang berarti kesempatan yang muncul dari sebuah kejadian atau momen. Jadi, peluang berasal dari kesempatan yang muncul dan menjadi ilham (ide) bagi seseorang. Inspirasi merupakan sumber dari peluang. Ketika seseorang memperoleh inspirasi, berarti dia membuka sebuah peluang untuk suatu hal yang baru. Inspirasi muncul ketika terjadi konektivitas (pertemuan atau titik temu) antara pengetahuan, memori, dan latar belakang pendidikan atau pengalaman yang dimiliki oleh seseorang dengan cara pandangnya dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi.

Inspirasi bisa muncul dari mana saja dan kapan saja. Faktor-faktor yang dapat memunculkan inspirasi adalah sebagai berikut.
  1. Faktor internal, yaitu faktor yang berasal dari dalam diri seseorang sebagai subjek, antara lain:
  2. Pengetahuan yang dimiliki
  3. Pengalaman dari individu itu sendiri
  4. Pengalaman saat ia melihat orang lain menyelesaikan masalah
  5. Intuisi yang merupakan pemikiran yang muncul dari individu itu sendiri.
  6. Faktor eksternal, yaitu hal-hal yang dihadapi seseorang dan merupakan objek untuk mendapatkan sebuah inspirasi bisnis, antara lain:
  7. Masalah yang dihadapi dan belum terpecahkan
  8. Kesulitan yang dihadapi sehari-hari
  9. Kebutuhan yang belum terpenuhi baik untuk dirinya maupun orang lain
  10. Pemikiran yang besar untuk menciptakan sesuatu yang baru.

Faktor internal berfungsi sebagai subjek dan menjadi alat untuk menciptakan sebuah inspirasi atas objek yang dihadapinya dengan kemampuan kreativitasnya.

Arti Peluang dan Inspirasi Usaha & Faktor Keberhasilan Usaha_
baca juga:

Munculnya sebuah inspirasi merupakan proses filterisasi atau pemilihan dari berbagai banyak ide dan gagasan yang berujung pada sebuah kristalisasi ide. Bila ide dan gagasan tersebut memiliki nilai jual tinggi, maka akan menghasilkan sebuah inspirasi yang akan berubah menjadi peluang. Ide atau gagasan yang memiliki nilai jual tinggi adalah ide atau gagasan yang berhubungan erat dengan pasar.

Biasanya ide ini memiliki ciri, antara lain :
  1. Mampu memenuhi kebutuhan dari konsumen atau pasar.
  2. Memiliki keunggulan bersaing (competitive advantage) dalam sebuah kompetisi (punya daya saing).
  3. Tidak bersifat sementara atau adanya aspek waktu yang lama.
  4. Ada nilai uang atau bisa dinilai dengan uang.
  5. Memenuhi aspek kretivitas dan inivasi yang bersifat solusi atau penyelesaian masalah dan kesulitan yang selama ini belum ada orang yang mampu menyelesaikannya.

Peluang yang berasal dari sebuah ide usaha yang diperoleh dari sebuah inspirasi, harus merupakan peluang yang potensial, sehingga dapat dikategorikan sebagai peluang usaha yang baik.

Ciri-ciri usaha yang potensial ;
  1. Usaha itu memiliki nilai jual yang tinggi.
  2. Usaha bukan hanya ambisi pribadi semata, tetapi sifatnya nyata.
  3. Usaha itu mempunyai waktu bertahan yang lama di pasar.
  4. Tidak akan menghabiskan modal (uang) karena terlalu besar investasinya.
  5. Tidak bersifat momentum atau bersifat musiman (seasonal).
  6. Bisa ditingkatkan skalanya menjadi skala industri.

Ciri-ciri peluang usaha yang baik adalah sebagai berikut :
  1. Peluang itu orisinil dan tidak meniru. Usaha yang sukses itu tidak meniru usaha orang cvdlain. Usaha yang meniru orang lain hasilnya belum tentu sama denga dengan usaha yang ditiru karena kondisi dan situasi yang telah terjadi dan yang akan terjadi belum tentu sama.
  2. Peluang itu harus dapat mengantisipasi perubahan persaingan dan kebutuhan pasar di masa mendatang. Dalam arti, peluang itu bisa terus ditingkatkan nilai jualnya serta bisa terus diinovasi.
  3. Benar-benar sesuai dengan keinginan agar peluang bisa bertahan lama.
  4. Tingkat visibilitas (kelayakan usaha) benat-benar teruji untuk itu dilakukan riset dan trial (uji coba) dalam pasar.
  5. Bersifat ide yang kreatif dan inovatif bukan tiruan dari ide orang lain.
  6. Ada keyakinan bisa mewujudkannya dan sukses untuk menjalankannya.
  7. Ada rasa senang menjalankannya dan benar-benar suka dengan bisnis tersebut.

Faktor-Faktor Keberhasilan Dan Kegagalan Peluang Usaha
  1. Faktor-faktor Keberhasilan Peluang Usaha
Faktor-faktor keberhasilan sebuah peluang usaha adalah sebagai berikut:
  1. Peluang itu memenuhi ciri-ciri peluang usaha yang baik, bukan hanya sekedar ide usaha atau baru sekedar inspirasi saja.
  2. Peluang itu berasal dari hubungan yang bersinergi antara wirausaha dengan usaha yang dijalankan, pasar usaha, dan produk yang dihasilkan.
  3. Peluang itu memiliki tingkat risiko kegagalan yang kecil bila dijalankan. Dalam arti tingkat visibilitasnya telah diperhitungkan dengan waktu saat dilincurkan di pasar.
  4. Produk yang dihasilkan dari peluang itu telah melalui uji pasar.
  5. Produk yang dihasilkan dari peluang tersebut mengikuti tren (kecenderungan) perubahan pasar.
  6. Produk yang dihasilkan dari peluang, dapat terus-menerus diinovasi dan ditingkatkan kualitasnya.

  1. Faktor-faktor Kegagalan Peluang Usaha
Faktor-faktor kegagalan sebuah peluang usaha adalah sebagai berikut:
  1. Peluang itu bersifat jangka pendek, karena kebutuhan pasar yang bersifat musiman dan tidak kontinu (sesaat).
  2. Peluang itu sudah “kadaluarsa” atau telah ada orang yang memulai usaha tersebut.
  3. Peluang itu lewat begitu saja karena tidak segera diambil keputusan untuk memulainya.
  4. Peluang itu tidak berasal dari hubungan yang bersinergi antara wirausaha dengan usaha yang dijalankan, pasar usaha, dan produk yang dihasilkan.
  5. Produk yang dihasilkan dari peluang itu telah melalui uji pasar yang akurat.

Memetakan Peluang Usaha
Terkadang ketika sudah memutuskan untuk berwirausaha, Anda bingung untuk memulainya. Langkah termudah adalah memulai dari hal yang Anda minati. Ketahuilah apakah minat Anda itu hanya sekedar hobi atau akan dikembangkan menjadi sebuah bisnis. Kesuksesan akan datang denga sendirinya ketika Anda memiliki pijakan awal yang kuat dan tidak pernah menyerah terhadap proses yang ada. Contohnya :
  1. Anda suka mengoleksi mainan. Apakah Anda harus berbisnis mainan atau menjadi kolektor mainan? Semua tergantung pada minat Anda yang senang melihat barang yang unik dan lucu atau senang berjualan barang yang unik dan lucu.
  2. Jika Anda senang memasak, pikirkanlah apakah minat Anda itu sekedar hobi atau ada keinginan untuk memasak enak untuk orang lain. Jika hanya merupakan hobi, anda bisa berbisnis restoran dengan mempekerjakan seorang koki untuk memasak. Namun, jika Anda senang dan ahli memasak Anda bisa membuka usaha restoran dengan Anda sebagai kokinya.

Pemanfaatan Peluang Secara Kreatif Dan Inovatif
Peluang usaha Anda harus diberdayakan menjadi peluang emas dengan secara kreatif dan inovatif dengan melakukan cara-cara berikut :
  1. Make modification (melakukan beberapa perubahan).
  2. Make it better (membuat yang lebih baik).
  3. Make it the first (menjadi yang pertama).
  4. Make it specisl products (membuat produk khusus).

Sekian artikel tentang Arti Peluang dan Inspirasi Usaha & Faktor Keberhasilan Usaha. Semoga bermanfaat.
Nikita Dini
Nikita Dini Blogger, Internet Marketer, Web Designer

Posting Komentar untuk "Arti Peluang dan Inspirasi Usaha & Faktor Keberhasilan Usaha"